Komunikasi Humas Dalam Membangun Citra Lembaga Di SD Islam Cendikia Faiha Palembang

Authors

  • Rian Akmal Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Kris Setyaningsih Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Asep Rohman Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.35706/wkip.v9i01.13107

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi humas dalam membangun citra lembaga dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat komunikasi humas dalam membangun citra lembaga di SD Islam Cendikia Faiha Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi informan peneltian Waka Humas, Kepala Sekolah dan Tim Humas. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan komunikasi yang jelas menjadi landasan penting dalam setiap aktivitas humas, seperti meningkatkan pemahaman publik, membangun citra positif, dan memperkuat hubungan dengan masyarakat. Komunikasi humas di sekolah ini tidak hanya berfungsi sebagai media promosi, tetapi juga sebagai strategi untuk menciptakan reputasi unggul sebagai lembaga pendidikan Islami. Faktor pendukung keberhasilan komunikasi meliputi perencanaan yang terstruktur, penggunaan media yang efektif, serta pembagian tugas yang jelas dalam tim humas. Namun, kendala yang dihadapi adalah keterbatasan sumber daya manusia yang menyebabkan ketidakseimbangan beban kerja. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi humas yang efektif, dengan tujuan yang spesifik dan terukur, berkontribusi langsung pada peningkatan citra positif sekolah di mata masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggoro, M. L. (2005). Teori dan Profesi Kehumasan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bairizki, A. (2021). Manajemen Public Relations (Teori dan Implementasi Humas Perguruan Tinggi). Surabaya: Pustaka Aksara.

Diana, E., Solehah, S. R., Nadifah, S., & Rohmah, N. (2023). Pengelolaan Digital Public Relation dalam Membangun Citra Positif Madrasah. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(4), 192–202. https://doi.org/10.61132/semantik.v1i4.158

Erlin, Andriani, L., Andriani, D., Nurmaya, Wahyuningsih, A., Febrianti, I., & Burhan, M. R. (2024). Peran Manajemen Humas Dalam Membangun Citra Di Lembaga Pendidikan. JournalofGovernanceandPublicAdministration(JoGaPA), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.70248/jogapa.v2i1.1504

Khorotunniswah, L., Ma’arif, S., & Huda, M. N. (2020). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Lembaga. Jurnal Kependidikan Islam, 10(2), 176–189. https://doi.org/10.15642/jkpi.2020.10.2.176-189

Lestari, D. E. (2017). Peran Strategis Hubungan Masyarakat pada Sekolah Unggul Berorientasi Stakeholder: Studi kasus di Sekolah Menengah Kejuruan Sunan Drajat Lamongan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Mardiana, W., Hamim, H., & Widiyanto, K. (2017). Strategi Komunikasi Public Relations Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur untuk Meningkatkan Citra di Mata Publik. Jurnal Representamen, 3(2), 1–6.

Milyane, T. M., Umiyati, H., Putri, D., Juliastuti, Akib, S., & Daud, R. F. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Mukhtar, M. (2017). Pemasaran Dan Upaya Dalam Mempengaruhi Harapan Stakeholder Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 161–178. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.621

Muksin, N. N., Affatia, D., & Lubis, A. (2024). Public Relations dan Kehumasan: Penerapan di Lembaga Publik, Kesehatan, dan Industri. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Muspawi, M., Vilanti, F. A., & Ekayani, P. (2024). Komunikasi dan Gaya Kepemimpinan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(1), 395. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i1.4069

Nabilah, N., & Nurhanifah. (2023). Strategi Humas Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Masyarakat Sumatera Utara. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 4(2), 540–551. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i3.352

Rozi, M. A. F. (2017). Strategi Hubungan Masyarakat dalam Pendidikan Islam. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 131–144.

Sumendap, R. (2021). Humas Dalam Membangun Citra Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tondano. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1435–1442. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1435-1442.2021

Syah, M. (2016). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wakhidah, U. S., & Oktarina, N. (2024). Peran Humas dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Business and Accounting Education Journal, 5(2), 325–340. https://doi.org/10.15294/baej.v5i2.12967

Widjaja, B. (2017). Manajemen Humas: Konsep, Strategi, Dan Aplikasi Di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yaqien, N. (2012). Membangun Kepercayaan Masyarakat Pada Madrasah Melalui Pameren Pendidikan. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 192–206. https://doi.org/10.18860/jt.v2i2.1827

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Akmal , R., Setyaningsih, K., & Rohman, A. (2025). Komunikasi Humas Dalam Membangun Citra Lembaga Di SD Islam Cendikia Faiha Palembang. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 9(01), 10–19. https://doi.org/10.35706/wkip.v9i01.13107