KONSEP TAUHIDULLAH SEBAGAI SUBSTANSI PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Budie Agung Program Doktoral Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Khalid Ramdhani
  • M. Tajudin Zuhri

Abstract

Problematika yang sekarang terjadi di tengah Pendidikan agama dan madrasah adalah munculnya dekadensi moral, tawuran pelajar bahkan sampai terjadinya free seksual dikalangan pelajar. Tanpa disadari semua permasalahan tersebut bermuara pada persoalan belum kuatnya pondasi dasar agama yang membentuk karakter dan jiwa siswa. Pondasi yang dimaksud adalah agama, dan inti dari agama adalah tauhid. Al-Qur?an memberikan contoh tentang proses pendidikan, sebagaimana terdapat dalam kisah Luqman al-Hakim. Kisah pendidikan Luqman al-Hakim ini merupakan contoh ideal bagaimana proses pendidikan seharusnya diberikan kepada anak. Salah satu contoh unsur pendidikan Luqman al-Hakim sebagaimana yang terdapat dalam Al-Quran surat Luqman ayat 13 tentang tauhid yang merupakan ajaran dasar untuk menanamkan nilai-nilai akidah kepada anak agar senantiasa mengesakan Allah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang Konsep Tauhidullah sebagai substansi Pendidikan Islam. Metodolodi penelitian yang digunakan berbasis pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode kajian pustaka terhadap literature baik yang bersumber dari Tafsir dan pemikiran tokoh Pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kewajiban seorang pendidik terhadap anaknya yakni mengajarkan nilai-nilai tauhid dan mencegahnya dari berbuat kemusyrikan. Ajaran tauhid yang diberikan Luqman al-Hakim kepada anaknya sesuai dengan potensi fitrah yang dimiliki anak, sebagaimana diketahui bahwa setiap manusia sebelum lahir ke dunia telah mengaku bahwa Allah adalah Tuhannya. Penelitian ini merekomendasikan agar seluruh stakeholder Pendidikan Islam menginternalisasi nilai-nilai tauhid dalam kurikulum Pendidikan disekolah dan Madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Mudjab Mahali, 2002. Asbabun Nuzul: Studi Pendalaman al-Qur’an , Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Abdullah Nashih Ulwan, 1992. Tarbiyatu’l Auladfi’l Islam. Penerjemah: Khalilullah Ahmas Masjkur Hakim, Pendidikan Anak Menurut Islam “Kaidah-kaidah Dasar” . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abu al-Fidai Ismail bin Umar bin Katsir Al-Qurosyi Ad-Damsyiqi, 1999. Tafsir Al- Qur?an Al-„Adzim, Daru Toyyibah Linnassyri wa Tawzi?.

Abu Daud Sulaiman bin Asy?ad al-Sijistani, 1990. Sunan Abu Daud Beirut: Darul Fikr.

Barsihannor, 2009. Belajar dari Luqman Al-Hakim, Yogyakarta : Kota Kembang Ibnu Khaldun dalam Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyatu’l Auladfi’l Islam.

Penerjemah: Khalilullah Ahmas Masjkur Hakim, Pendidikan Anak Menurut Islam “Kaidah-kaidah Dasar”

Kementerian Agama RI, al- Quran dan Terjemahnya

M.rusydi khlaid, 2011. mengkaji ilmu-ilmu al-Qur’an (Samata: alauddin university press.

Quraish Shihab, 1996. Wawasan al-Qur’an Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat Bandung: Mizan.

Quraish Shihab, Wawasan al-Qur’an:Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat.

Quraish Shihab. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an

Rosihon Anwar. 2008. Akidah Akhlak Bandung : Pustaka Setia. Sayyid Qutb. 1992. Fi Zilalil Qur’an. (Juz I, Dar al-Syuruq.

Sayyid Quthb. 1992. Fi Zilalil Qur’an. Terjemahan Jilid IX Juz XXI, Dar al-Syuruq. Wahbah bin Musthofa Al-Zuhaili, , 1418 H. Tafsir Al-Munir, Darul Fikri Al-Ma?asir,

Damsyiq.

Published

2021-12-31

How to Cite

Agung, B., Ramdhani, K., & Zuhri, M. T. (2021). KONSEP TAUHIDULLAH SEBAGAI SUBSTANSI PENDIDIKAN ISLAM. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 6(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/3163