PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Penulis

  • SITI ROMLAH RAHMAYANI Universitas Singaperbangsa Karawang
  • RAMLAH RAMLAH Universitas Singaperbangsa Karawang
  • KIKI NIA SANIA EFFENDI Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam belajar matematika. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah pencapaian dan peningkatan model pembelajaranProblem Based Learning denganpemberiantugasterstruktur lebih baikdaripadasiswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu SMPN di kecamatan Kutawaluya kabupaten Karawang , sedangkan samplenya diambil dua kelas dengan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Adapun desain dalam penelitian  ini menggunakan the nonequevalent pretest-posttest control group design dengan pendekatan kuantitatif, metode quasi eksperimen. Data diolah menggunakan Software Microsoft Excel 2016 dan Software SPSS versi 23 for windows. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistic terhadap hasil data pretest dan posttestdengan pengujian hipotesis yaitu uji normalitas, uji homogenitas , uji perbedaan dua rata-rata dan analisis data gain. Hasil penelitian ini menunjukan  bahwa pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pemberian tugas terstruktur lebih baik dari pada siswa yang mendapatkanpembelajaranlangsung biasa, serta peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pemberian tugas terstruktur lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Jadi dapat disimpulkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pemberian tugas terstruktur lebih baik meningkatkan hasil belajar matematika, khususnya dalam kemampuan komunikasi matematis.

Kata kunci : kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran Problem Based Learning, tugas terstruktur

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ansari, B. (2016). Komunikasi Matematik Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: PeNA.

Haryanti, Y. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Cakrawala Pendes. 3(2), 57-63.

Multazam, T. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving(TAPPS) pada Siswa MTs. Skripsi Universitas Ar-Rainry Banda Aceh: tidak diterbitkan.

Purba, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Matematics Paedagogic. 1(1), 19-28.

Purnama, S., & Herman, T. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis, serta Kemandirian Belajar Siswa SD. Jurnal Pendas. 8(2), 178-185.

Ramlah. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Berpikir Kreatif Matematis serta Kebiasaan Berpikir pada Siswa MTs Melalui Pendekatan Problem Solving. Tesis STKIP Siliwangi Bandung: tidak diterbitkan.

Sari, P., & Rahadi, M. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 13(3), 143-150.

Sikumbang, H. (2017). Pemberian Tugas Terstruktur yang di Presentasikan Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tentang Perkembangan Masyarakat Islam Indonesia pada Siswa Kelas VII SMP 3 Kepenuhan. Jurnal Ilmiah Edu Research. 6(1), 49-52.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U., & dkk. (2017). Hard skills dan Soft skills. Bandung: Refika Adimata.

Susanto, J. (2015). Peningkatan Komunikasi Belajar Matematika Siswa Dengan Strategi Pembelajaran Pair Checks Berbantu Media Komputer. Universitas Muhammadiyah Surakarta: tidak diterbitkan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

RAHMAYANI, S. R., RAMLAH, R., & EFFENDI, K. N. S. (2021). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2111

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>