Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Segitiga dan Segiempat pada Siswa SMP

Penulis

  • Iqbal Dzikril Hakim Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ramlah Ramlah Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman siswa pada konsep materi bangun datar segitiga dan segiempat. Hal ini dilatar belakangi rendahnya pemahaman konsep segitiga dan segiempat siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek yang berjumlah 21 siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri yang ada di Kabupaten Karawang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen berbentuk tes uraian yang berjumlah 4 buah soal dengan indikator (1) Mampu menyatakan ulang konsep bangun datar segitiga dan segiempat yang telah dipelajari, (2) Mampu memberikan contoh tentang segiempat, (3) Mampu menyajikan konsep segitiga dalam berbagai macam bentuk representasi matematis, (4) Mampu mengaitkan berbagai konsep bangun datar dalam matematika, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep segitiga dan segiempat siswa pada kategori tinggi sebanyak 14.29%, sedangkan pada kategori sedang sebanyak 76.19%, dan pada kategori rendah sebanyak 9.52%. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan pemahaman konsep siswa berada pada di kategori sedang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani, H. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(1): 142-149.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No.59 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.

Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.

Nurhayati, Y. (2010). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievemet Division (STAD). Skripsi STKIP. Garut: Tidak diterbitkan.

Permendiknas. 2006. UU No 22 tahun 2006 Standar Isi Untuk Satuan

Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Zuliana, E. 2017. Penerapan Inquiry Based Learning berbantuan Peraga Manipulatif dalam meningkatkan Pemahaman Konsep matematika Pada Materi Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus. Jurnal Pendidikan, 8 (1): 35-47.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Hakim, I. D., & Ramlah, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Segitiga dan Segiempat pada Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2443

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>