Kemampuan representasi matematis dalam menyelesaikan soal kubus dan balok pada siswa Smp

Penulis

  • Ita Sapitri Pendidikan matematika unsika
  • Ramlah Ramlah Pendidikan matematika unsika

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa kelas IX SMP dalam menyelesaikan soal kubus dan balok pada kemampuan representasi matematis. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 20 siswa kelas IX pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Karawang tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang berjumlah 2 butir soal berdasarkan indikator kemampuan representasi matematis menggunakan indikator menurut villegas yaitu representasi visual, representasi simbolik dan representasi verbal. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis siswa pada kategori tinggi sebanyak 30%, sedangkan pada kategori sedang sebanyak 55%, dan pada kategori rendah sebanyak 15%. Pada indikator representasi visual pada kategori tinggi sebanyak 40%, kategori sedang sebanyak 45% dan pada katagori rendah sebanyak 15%. Pada indikator representasi simbolik pada kategori tinggi sebanyak 35%, kategori sedang sebanyak 55% dan pada katagori rendah sebanyak 15%. Dan pada indikator representasi verbal pada kategori tinggi sebanyak 5%, kategori sedang sebanyak 40% dan pada katagori rendah sebanyak 55%. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan representasi matematis siswa masih berada di kategori sedang.

Kata kunci:
Kemampuan Representasi Matematis, Kubus dan balok, Siswa SMP

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ita Sapitri, Pendidikan matematika unsika

Pendidikan matematika unsika

Ramlah Ramlah, Pendidikan matematika unsika

Pendidkan matematika unsika

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Arnidha, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pemeblajaran Kooperatif Thikn Pair Share. Jurnal Pendidikan, 3(1), 128-137.

ASHARI, A. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Melalui Pembelajaran Kontekstual Siswa SMA Pawyatan Daha Kediri Kelas X Pokok Bahsan SPLDV. Universitas Nusantara Kediri.

Herdiman, I., & Dkk. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Kekongruenan Dan Kesebangunan. Ikip Siliwangi, 4(2), 216-229.

I. A., & Hanifah. (2018). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Serta Self Confidence Siswa SMP Dengan Menggunakan Model Eleciting Activitires (MEA). Jurnal Matematika UNSIKA, 456-468.

Kholiqowati, H. (2016). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Peserta Didik Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik. Universitas Negeri Semarang.

Moleong, L. J. (1994). Metode Penelitia Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rodakarya.

Mulyati. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Representasi Matematis Siswa SMA Melalui Strategi PREVIEW-QUESTION-READ-REFLECT-RECITE-REVIEW. 2(3), 36-34.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Triono, A. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP NEGERI TANGERANG SELATAN. Syarif Hidayatullah Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Sapitri, I., & Ramlah, R. (2019). Kemampuan representasi matematis dalam menyelesaikan soal kubus dan balok pada siswa Smp. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2511

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>