KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Penulis

  • elva nuranggraeni pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang
  • Kiki Nia Sania Effendi pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang

Abstrak

Artikel ini adalah hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan Berpikir Kreatif Matematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang terkait materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel dan Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Penelitian  ini merupakan  penelitian  kualitatif dengan metode deskriptif. Materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel dan Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variabel merupakan salah satu materi matematika semester 1 di kelas VII SMP. Instrumen yang digunakan berbentuk soal uraian, sebelum soal-soal tersebut diuji cobakan maka terlebih dahulu harus diuji validitasnnya. Instrumen ini diujicobakan kepada siswa kelas VIII A di salah satu sekolah yang terletak di Ds. Waringin Jaya Kec. Kedungwaringin Kab. Bekasi sebanyak 36 orang siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan nilai hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa terdapat 6 orang siswa dengan presentase sebesar 17% yang berkategori tinggi, 24 orang siswa dengan  presentase sebesar 67% yang berkategori sedang, dan 6 orang siswa dengan presentase sebesar 17% yang berkategori rendah.

 

Kata kunci:

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Persamaan Linear Satu Variabel, Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, Siswa SMP

  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Wowo Sunaryo Kuswana, Taksonomi Berpikir, (Bandung : PT RemajaRosdakarya, 2011), h. 2.

Rahman, R. (2012). Hubungan Antara Self-Concept Terhadap Matematika dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa.Infinity Journal, 1(1), 19–30.

Effendi, K. N & Farlina, E. (2017).Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika

Hidayat, W. (2017).Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turunan Fungsi. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–28.

Nurmasari, N., Kusmayadi, T. A., &Riyadi, R. (2014).Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Gender Siswa Kelas XI Ipa SMA Negeri 1 Kota Banjar baru Kalimantan Selatan. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(4), 351–358.

Hamzah. (2000). Pembelajaran Matematika I. Jakarta: Bumi Aksara.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Supardi. (2015). Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses. Jurnal Formatif, 2(3), 248–262.

Ali, M. (1999). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Nurmastaka, D. N. (2014). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs Kelas VII dengan Menggunakan Alat Peraga Matematika Bangun Datar .

Sugiyono. (2002). Statistika Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru .

Hardiyati, (2014). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kamampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

nuranggraeni, elva, & Effendi, K. N. S. (2019). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2398

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>