ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI KUBUS

Penulis

  • Vida Utami Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Nia Sania Effendi Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar khususnya kubus. Materi ini terdapat pada mata pelajaran matematika di SMP kelas VIII. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX G pada salah satu sekolah yang berada di karawang. Pemilihan sampel berdasarkan atas rekomendasi guru matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data diperoleh dengan cara tes uraian dan wawancara. Hasil tes menunjukkan bahwa masih kurangnya kemampuan koneksi matematis siswa terhadap materi kubus, karena hanya terdapat 7 siswa yang memenuhi indikator menghubungkan antar konsep matematika dan indikator menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari, juga terdapat 3 siswa yang memenuhi indikator menghubungkan matematika dengan disiplin ilmu lain, dalam wawancara siswa mengaku tidak paham terhadap tes yang diberikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Vida Utami, Universitas Singaperbangsa Karawang

Pendidikan Matematika

Kiki Nia Sania Effendi, Universitas Singaperbangsa Karawang

Pendidikan Matematika

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Ramdhani, M. R., Widiyastuti, E., & Subekti, F. E. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Kembaran Materi Bangun Datar. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, 403-414.

Anandita , G. P. (2015). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Kelas VIII Pada Materi Kubus Dan Balok.

Creswell, J. W. (2016). Signifikansi dan Makna Tujuan Penelitian. Dalam A. Fawaid, & R. K. Pancasari, Research Design (hal. 164). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Effendi, K. N.S., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2).

Hadin, Pauji, M., & Arifin, U. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Mts Ditinjau Dari Self Regulated Learning. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4).

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, R. S., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan soal Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemampuan Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 51-58.

Nari, N., & Musfika, P. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematika Peserta Didik . Proceeding International Seminar on Education 2016 .

NCTM, N. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. National Academy Press.

Rokhmawati, A., V, Y , I. A., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Rainbow Book Pada Materi Bangun Datar Kelas Iv. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 85-94.

Sartika, N. S., & Yulita, S. R. (2019). Penerapan Bahan Ajar Trigamaster Untuk Menghindari Mind In Chaos Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 78-84.

Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Wacana Akademika, 1(2), 1-14.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1).

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring (KBBI Daring) Online (April 2019). Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-09

Cara Mengutip

Utami, V., & Effendi, K. N. S. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI KUBUS. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2279

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>