Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP pada Soal Serupa PISA Konten Uncertainty and Data

Penulis

  • mutia mutia Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Nia Sania Effendi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kamampuan literasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal serupa PISA konten uncertainty and data (ketidakpastian dan data). Ada tiga Proses literasi matematis proses literasi matematis dengan aktivitas siswa, yaitu memformulasikan situasi nyata secara matematika, menerapkan konsep, fakta, prosedur dan penalaran matematika dan mengiterpretasikan, menggunakan serta mengevaluasi hasil matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas IX-M di salah satu SMP Karawang Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan tes literasi matematis pada soal serupa PISA konten uncertainty and data pada materi statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses literasi matematis memformulasikan situasi nyata secara matematika terdapat 21 siswa yang memenuhi proses literasi matematis, pada proses literasi matematis menerapkan konsep, fakta, prosedur dan penalaran matematika terdapat 25  siswa, sedangkan pada proses literasi matematis mengiterpretasikan, menggunakan dan mengevaluasi hasil matematika hanya 4 siswa yang mampu memenuhi proses literasi matematis tersebut. Ini menunjukkan bahwa sebagian siswa belum mampu mengevaluasi soal yang diberikan.

 

Kata kunci: kemampuan literasi matematis, uncertainty and data, statistika

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Effendi, K. N. S. (2018). Analisis Penerapan Gerakan Literasi Sekolah dan Konteks Permainan Futsal dalam Pembelajaran Matematikaq. Ed-Humanistics, 306-316.

Fatmawati, D., & Ekawati, R. (2016). Pengembangan Soal Matematika PISA LIKE Pada Konten Change and Relationship untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. MATHEdunesa (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 29-38.

Kurniati, D., & Annizar, A. (2017). The Analysis of Students' Cognitive Problem Solving Skill in Solving PISA Standard-Based Test Item. Advanced Science Latters, 776-780.

Moleong. (2016). Metodologi Kualitatif. Bandung: Rosda.

Mulyadi, Riyadi, & Subanti. (2015). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman's Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 370.

Murdaningsih, S., & Murtiyasa, B. (2016). An Analysis on Eight Grade Mathematics Textbook of New Indonesia Curriculum (K-13) Based on PISA's Framework. JRAMathEdu (Journal of Reserch and Advances in Mathematics Education, 14-27.

Mustafa, & Dogru. (2010). The Application of Problem Solving Mthod on Science Teacher Trainees on The Solution of The Environmental Problems. International Journal of Enviromental & Science Education, 9-18.

OECD. (2010). Draf PISA 2015 Mathematics Frameworks. Mathematics Framework: Draft Subject to Possible Revision After the Field Trial.

OECD. (2015, Oktober Rabu). Draft Collaborative Problem Solving Framework. Diambil kembali dari Organisation for Economic Cooperation and Development: http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/Draft%20PISA%20Problem%20Solving%20Framework%20.pdf.

Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik dan Mathematical Habits of Mind Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Numeracy, 67-76.

Putri, R. I., & Zulkardi. (2018). Soal HOTS Matematika Tipe PISA Konteks Cabang Olahraga ASEAN GAMES. Palembang.

Rokhmawati, A., Asih, I., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Rainbow Book pada Materi Bangun Datar Kelas IV. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), III, 85-95.

Saputro, R. (2018). Anaisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA 2015. Electronic Thesis and Dissertations.

Sari, I. P., Purwasih, R., & Nurjaman, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Program Linear. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 39-46.

Sari, R. N., & Wijaya, A. (2017). Mathematical Literacy of Senior High School Student in Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 100-107.

Wardani, A. K., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2017). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 5 untuk Program Pengayaan SMP. JPM (Jurnal Pendidikan Matematika, 1-18.

Wardono, & Budiono. (2014). PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika SM. Jurnal UNNES, 8.

Zulkardi, & Junaidi. (2013). Pengembangan Soal Model PISA pada Konten Change and Relationship untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JPM (Jurnal Pendidikan Matematika), 36.

Zulkardi, Z., & Santoso, B. (2015). Kajian Soal Teks Matematika Kelas X Kurikulum 2013 Menggunakan Framework PISA . JPM (Jurnal Pendidikan Matematika, 188-206.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-09

Cara Mengutip

mutia, mutia, & Effendi, K. N. S. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP pada Soal Serupa PISA Konten Uncertainty and Data. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2333

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>