Analisis Learning Obstacle Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga

Penulis

  • Rafikha Ratna Sari Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lessa Roesdiana Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Proses belajar mengajar yang ada dalam pelaksanaannya kadang kala tidak semua siswa dapat mengikuti dan mengerti dengan mudah. Pada umumnya guru menyampaikan materi dengan mengacu pada bahan ajar dan terkadang tidak memperhatikan learning obstacle yang siswa alami. Oleh karena itu penting mengadakan sebuah penelitian yang mengkaji tentang learning obstacle. Sehingga pembelajaran yang dirancang berdasarkan learning obstacle akan menciptakan proses pembelajaran yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis learning obstacle matematika siswa SMP terkait dengan materi segiempat dan segitiga. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu metode yang memahami kejadian atau gejala sosial dengan lebih memfokuskan pada gambaran yang lengkap tentang kejadian yang diteliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII sebanyak 35 orang dan diambil beberapa siswa untuk diwawancara. Penelitian dilakukan di salah satu SMP yang ada di Karawang, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tertulis dan pedoman wawancara.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situation in Mathematics. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Depdiknas. (2003). Salinan Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta.

Rismawati, dkk. (2018). Analisis Karakteristik Learning Obstacle Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI). Vol 1, No.2, 2018.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2), 165-174.

Suryadi, D. (2013). Metapedadidaktik dan Didactical Design Research dalam Implementasi Kurikulum dan Praktik lesson study. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika “Peran Lesson Study dalam Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013”. Bandung.

Unaenah Een. (2017). Analisis Learning Obstacles Konsep Geometri Pada Mahasiswa Semester 1 Program Studi Pendidikan Dosen Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA. ISBN 978-602-19411-2-6289.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Sari, R. R., & Roesdiana, L. (2019). Analisis Learning Obstacle Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2839

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>