Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi SPLDV

Penulis

  • Gita Meidina Khoerunnisa Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adi Ihsan Imami Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Indikator kemampuan pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan teori Polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali prosedur dan hasil penyelesaian. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Pengambilan sampel dikategorikan menjadi kelompok tinggi, sedang, rendah dan diambil berdasarkan rekomendasi dari guru. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMPN  Cikampek, Karawang yang berjumlah 3 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes soal uraian kemampuan pemecahan masalah matematis sebanyak 5 soal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan yang tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih dalam kategori rendah karena siswa masih belum bisa memahami masalah terlebih dahulu dan kurang mampu untuk memeriksa kembali jawaban yang diberikan oleh guru.

                                                                                                                                                                  

Kata Kunci : pemecahan masalah, sistem persamaan linear dua variabel, dan teori Polya

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

E.S, Indrajaya. (2015). Strategi Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV Siswa Kelas VIII Di SMP Kristen Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana.

Jayanti, M. D., Irawan, E. B., & Irawati, S. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Konstektual Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan, 671-678.

Nuraini, M. Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rambah Samo Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 59-72.

Rismawati, R., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa MTS Pada Materi Pola Bilangan. Journal On Education, 23-36.

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 171-176.

Suci Ariani, Y. H. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 25-34.

Utami, R. W., & Wustqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri d Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4 (2), 166-175.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Khoerunnisa, G. M., & Imami, A. I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi SPLDV. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2750

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>