PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMK

Penulis

  • NUR SITI KOMARIAH unsika
  • ATTIN WARMI unsika
  • adi Ihsan imami Pendidikan matematika unsika

Abstrak

Berdasarkan data dan hasil observasi, rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK merupakan permasalahan yang harus dicari solusinya untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri pada siswa SMK kelas X. Hal ini sejalan dengan adanya permasalahan dalam penelitian yaitu masih rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK pada proses pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas X di SMK Texmaco Purwasari di Kecamatan Purwasari. Dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X TKJ dijadikan sebagai kelas eksperimen yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran inkuiri dan kelas TPMI dijadikan sebagai kelas kontrol yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Pada awal pertemuan kedua kelas diberikan pretes awal kemampuan berpikir kritis dengan soal yang sama, dan diakhir pertemuan kedua kelas tersebut diberikan posttest kemampuan awal berpikir kritis dengan soal yang sama pula. Analisis data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis matematis selanjutnya untuk pengolahan data menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 22, secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustiani, V. (2011). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII Melalui Pembeljaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievmen Division (STAD).Skripsi Universitas SingperbangsaKarawang. Tidak diterbitkan.

Alfiansyah, M. (2015). Tujuan Pendidikan Matematika Berdasarkan Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. KajianLiteratur Universitas NegeriMakasar: Tidak Diterbitkan.

Arikunto, S. (2014) Prosedur Penelitian . Jakarta: PT AsdiMahasatya.

Asterina, A. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Problem Centered Learning Siswa SMP. (skripsi).Universitas Pendidikan indonesia,Bandung.

BNSP. (2006). Standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. [Online]. Tersedia:litbang.kemendikbud.go.id/content/BUKUST~1(4).pdf [17 Februari2018].

Bidayatul, Eva. (2010). Penggunaan Model Pembelajaran KTLS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. SkripsiUniversitas SingAperbangsaKarawang: Tidak Diterbitkan.

Cunayah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. SkripsiUniversitas SingaperbangsaKarawang: Tidak Diterbitkan.

Duron, L. (2006). Critical Thingking Framework For Any Discipline.[Online]. Tersedia:http://www.isetl.org/ijtlhe/. [21Maret 2018].

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. [Online]

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Terbitan

Bagian

Artikel