Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Operasi Aljabar

Penulis

  • Fiscar William Gultom Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lessa Roesdiana Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan penalaran matematis bagi siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal  berkaitan dengan materi operasi aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP di Karawang sebanyak 39 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal uraian tes kemampuan penalaran matematis sebanyak 4 soal dan hasil wawancara dengan subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 5 orang siswa pada kategori kemampuan penalaran matematis tinggi, 2 orang siswa pada kategori kemampuan penalaran matematis sedang dan 32 orang siswa pada kategori kemampuan penalaran matematis rendah. Dapat disimpulkan bahwa hasil jawaban siswa pada kelas tersebut memperlihatkan gambaran kemampuan penalaran matematis siswa perbutir soal berbeda-beda serta indikator kemampuan penalaran matematis belum tercapai.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Depdiknas.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2006). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2019). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Hendriana, H.H. Rohaeti, E.E. Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : PT Refika Aditama.

Hidayat, Ridwan. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SMP PGRI Pangkalan Kelas VIII. Skripsi Pendidikan Matematika FKIP UNSIKA: tidak diterbitkan

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Suprihatin, S. R., Maya, R., & Senjawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2, 9–13.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Ribowo (2015). Peningkatan Penalaran Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas VII Semester Genap Smp Al-Islam Pakis Tahun 2014/2015. Pendidikan Matematika. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Roesdiana, L. (2016). Pembelajaran Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis Siswa. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika) 4(2), November 2016, hal 169-184 e-ISSN 2528-6978. p-ISSN 2338-2996

Sulistiawati. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Limas. Proceeding Seminar Nasioanal Pendidikan Matematika, Sains, Dan TIK STKIP Surya 2014.

Wulandari, Enika. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pendekatan Problem Possing di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Yogyakarta. Artikel Skripsi. FMIPA, Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Gultom, F. W., & Roesdiana, L. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Operasi Aljabar. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2417

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>