Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Konten Geometri

Penulis

  • Novita Sari Pendidikan Matematika UNSIKA
  • Lessa Roesdiana Pendidikan Matematika UNSIKA
  • Redo Martila Ruli Pendidikan Matematika UNSIKA

Abstrak

Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa merupakan salah satu aspek dalam pembelajaran matematika yang perlu dikembangkan, mengingat pentingnya kemampuan berpikir kreatif bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal-soal pada konten geometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dalam bentuk uraian yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan indikator kelenturan (flexibility), kelancaran (fluency), keaslian (originality), elaborasi (elaboration). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan  tes tertulis dan wawancara, dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa SMP disalah satu sekolah di Karawang, yang nantinya diberi soal tes kemudian dipilih 3 siswa berdasarkan hasil jawabannya, dengan mempertimbangkan jawaban siswa yang tingkat kemampuan berpikir kreatif matematisnya tinggi, sedang, dan rendah untuk selanjutnya mengikuti wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 2 orang siswa kategori kreatif, 17 orang siswa kategori kurang kreatif, dan 1 orang siswa tidak kreatif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cahyanita, E., Sunardi, & Sugiarti, T. (2018). Profil Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Model TIMSS Konten Geometri. Kadikma.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods . California: Thousand Oaks.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills and Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Reflika Aditama.

Ismaimuza, D. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP melalui pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Universitas Pendidikan Indonesia.

Lince, R. (2016). Creative Thinking Ability to Increase Student Mathematical of Junior High School by Applying Modrls Numbered Heads Together. Journal of Education and Practice.

Mayasari, Ranapuri, S., Nursafitri, Handayani, N., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Tambusai.

Munandar, U. (2009). Perkembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

U.S., Supardi. (2012). Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, 249.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Sari, N., Roesdiana, L., & Ruli, R. M. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Konten Geometri. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2700

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>