PENGARUH MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP

Penulis

  • Ratna Wulansari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lessa Roesdiana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adi Ihsan Imami Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pencapaian dan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diberikan pembelajaran dengan model Somatic Auditory Visualitazion Intelectually (SAVI) lebih baik dari pada siswa yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung/biasa, penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Rengasdengklok Tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Metode yang digunakan yaitu ekperimen kuasi dengan desain noneequivalent pretest-posttest control grup desain yang melibatkan 60 siswa sebagai sampel yang terbagi dalam 2 kelas yaitu VIIB ( N = 30) dan VIIC ( N = 30). Penentuan sampel menggunakan purposive Sampling.

        Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa pencapaian kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Somatic Auditory Visualitazion Intelectually (SAVI) (M= 68,068,  SD= 8.061) lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran langsung/biasa dengan  (M= 59,738   SD= 10.395), pada z = -3,116 sig <  = 0,05. Dan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model Somatic Auditory Visualitazion Intelectually dengan  (M= 0,636,  SD = 0,089) lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung (M= 0,539   SD= 0,121), pada z = -3,475, sig <  = 0,05.

Kata kunci: Model SAVI, dan Kemampuan Representasi Matematis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsini. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Renika Cipta

Astuti, Rahmani. (2002) The Accelerated Learning Handbook Panduan Kreatif Dan Efektif Merancang Program Pendidikan Dan Pelatihan. Bandung

Destiana, Hana. (2017). Meningkatkan Kemampuan Matematis Melalui Model Electing Activities (MEA). Skripsi Universitas Singaperbangsa Karawang:Tidak Diterbitkan.

Fatmawati. (2015). Study Literasi Pengaruh Penerapan Pembelajaran Model SAVI Yang Menggunakan Metode Brainstorming Tehadap Konsistensi Konsepsi Dan Peningkatan Kemampun Kognitif Siswa SMA. Jurnal ISSN 2339-0654. UPI Bandung

Hakim, Dori L. (2016). Diktat Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang. Tidak diterbitkan.

Hudiono, Bambang. (2013). Pembudayaan Pendekatan Open-Ended Problem Solving Dalam Pengembangan Daya Representasi Matematik pada Siswa Sekolah Menengah Pertama, Jurnal Pendidikan Dasar Vol 9 No 1.

Kartini, (2009). Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding FMIPA UNY.

Kusmawati, Sri Wahyuni. (2013). Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Volume 01 Nomor 02. Universitas Negeri Surabaya.

Lestari, Karunia E dan Mokhammad Ridwan Y. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung:Refika Aditama.

Lita, dkk. (2013). Uji Normalitas [online]. Tersedia: http://statistikapendidikan.com [1 Agustus 2018].

Meier, Dave. (2002). The Accelereted Learning Handbook (Terjemahan), Bandung:Kaifa.

Munir, Ma’mun. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Serta Disposisi Matematis Siswa SMP. Skripsi Universitas Singaperbangsa Karawang:Tidak diterbitkat

Rahmawati, P.J. (2015). Pengaruh Pendekatan Problem Solving Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Sisw.Skripsi Universitas Singaperbangsa Karawang: Tidak Diterbitkan.

Ramziah. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X2 SMAN1 Gedung Meneg Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik, Jurnal STKIP Garut

Rezeki, Sri. (2013). Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Novick Pada Siswa Sekolah Menengah Atas, Tesis UPI Bandung: Tidak Diterbitkan

Ridwan. (2003). Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Roebyanto, Pendekatan SAVI, (Artikel Pendidikan, 2008) diakses 20 Juni pukul 22.10 dari http://roebyanto.multiply.com/journal/item/21.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1, Nomer 2.

Siahaan, Dian. F. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Metode SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelectual).Skripsi Universitas Singaperbangsa Karawang:Tidak Diterbitkan.

Sopiany, Hanifah N. (2016). Diktat Evaluasi Pembelajaran Matematika. Karawang. Tidak diterbitkan.

Sulastri, Marwan. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Mtematika Realistik. Jurnal ISSN : 2085-5893 Vol. 10 No. 1. Aceh.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suwangsih, Erna. (2016) Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Urnal Vol. 10 No. 2. UPI.

Yuniawati. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Strategi React Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar. ISSN : 1412-565X.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

Wulansari, R., Roesdiana, L., & Imami, A. I. (2021). PENGARUH MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2140

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>