Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Peserta Didik SMP Kelas VII Terhadap Materi Bangun Dimensi Tiga

Penulis

  • Dadang Saparudin Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Nia Sania Effendi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Artikel ini hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi dimensi tiga yaitu kubus dan balok, materi ini merupakan salah satu materi pembelajaran matematika SMP yang terdapat di kompetensi dasar kelas VIII. Indikator yang diteliti dalam penelitian ini adalah a) menghubungkan benda nyata, gambar dan diagram ke dalam ide matematika; b) menjelaskan ide matematika secara lisan dengan gambar; c) menyatakan peristiwa sehari-hari dalam simbol matematika Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Tahun pelajaran 2019/2020. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan di peroleh sebanyak 29 peserta didik dari kelas IX. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk tes uraian. Adapun hasil penelitian ini kemampuan komunikasi matematis peserta didik menunjukan masih tergolong sangat rendah.

 

Kata kunci:

Dimensi Tiga, Kemampuan Komunikasi Matematis

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azwar, S. (2016). Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herdiana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: Refika Aditama.

Hermawan, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Siswa SMP Negeri 1 Rawamerta. Karawang: Tidak Diterbitkan.

Junaedi, I. (2010). Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Writing In Perfomance Tasks (Wipt) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 1(1), 11-20.

Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Mematis Siswa SMP Terhadap Soal-soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif), 1(6), 1113-1120.

Oktaviani, D., & Mukhni. (2019, 02 14). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika SMPN 1 Lunuk Alung. Journal of Residu, 3(14), 2598-8131.

Rahmayanti, S. R., & Effendi, K. N. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 7(1), 10-18.

Romlah, S., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Mutiara 1 Bandung Pada Materi Bentik Aljabar. Journal On Education, 1(2), 37-46.

Rosyid, A., & Umbara, U. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 84-89.

Rufaidah, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Dengan Media Lkpd Pada Materi Relasi Dan Fungsi Siswa Kelas Viii-B Mts Al-Ma’arif Bocek KarangplosoTahun Pelajaran 2017/2018. JPM (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(2), 95–101.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sumaryanta. (2015). Pedoman Penskoran. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 2(3), 181-190.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Saparudin, D., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Peserta Didik SMP Kelas VII Terhadap Materi Bangun Dimensi Tiga. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2699

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>