KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Penulis

  • atika pratiwi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Nia Sania Effendi Pendidikan Metematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Artikel ini merupakan studi awal untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi bangun ruang sisi datar khususnya kubus dan balok. Materi bangun ruang sisi datar merupakan salah satu materi pelajaran matematika SMP yang terdapat di kompetensi dasar kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di salah satu SMPN di Karawang Tahun ajaran 2019/2020. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Purpossive Sampling dan diperoleh sebanyak 32 orang siswa dari kelas IX H. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbentuk uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terdapat 8 orang siswa dengan presentase 25% yang berkategori tinggi, 15 orang siswa dengan presentase 47% yang berkategori sedang, dan 9 orang siswa dengan presentase 28% yang berkategori rendah.

 

Kata kunci:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kubus dan Balok, Matematika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aini, I, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Opend-Ended. JES-MAT.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendi, K. N. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok. Pasundan Jorural Of Research In Mathematics Learning And Education. ISNN 2548-2297.

Haharap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica. ISSN: 2088-2157.

Hendriana, H; Amelia, R; Fitria, Neng, F, N; Hidayani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Dengan Materi Segitiga Dan Segiempat. ISNN 2580-0770.

Hendriana, H; Yuhani, A; Zanthy, L, S. (2018). Pengaruh pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Inovatif. ISNN 2614-2155.

Kartika, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Concept Calon Guru Di Kabupaten Karawang Melalui Pendekatan Opend-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. ISSN 2442-5419.

Lestari, K, E. (2015). Penerapan Model Pembelajaran M-Apos Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan UNSIKA. E-ISNN 2338-2996.

Mailizar; Lestari, I; Andinny, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JNPM ( Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) E-ISNN 2549-4937.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U; Maya, R; Krismayanti, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Dan Self Efficacy Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran.

Sunismi; Khusna, A, N; Nursit, I. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Metode Pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) Ditinjau Dari Gaya Belajar David Kolb Pada Materi Segiempat. ISSN 2337-6384.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

pratiwi, atika, & Effendi, K. N. S. (2019). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2427

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>