Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika pada Materi Segiempat

Penulis

  • ramiartiah ramiartiah pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang
  • Nita Hidayati dosen pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan soal literasi matematika pada materi segiempat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan memilih lima orang siswa SMP kelas VIII di salah satu sekolah yang ada di Karawang Barat. Subjek pertama dapat menjawab dengan benar, hanya saja mengalami kendala dalam proses literasi matematika. Subjek kedua dan ketiga tidak menerapkan konsep luas dan keliling segiempat. Serta subjek empat dan lima, salah dalam menentukan strategi yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal. Sehingga dari lima subjek tersebut hanya satu orang saja yang menjawab dengan benar. Dengan hasil analisis jawaban yang diberikan oleh siswa maka dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan proses literasi matematika, yaitu; yang sering terlewatkan adalah mamformulasikan situasi secara matematika sehingga siswa salah dalam merencanakan strategi yang akan digunakan dalam penyelesaian masalah tersebut karena pada tahap ini siswa mengidentifikasi informasi-informasi yang terdapat pada soal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ambarwati, B., Hoerniasih, N., & Abadi, A. P. (2018). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR (CHANGE AND RELATIONSHIP) PISA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 563-571.

Mulyani, E. (2017, Juli). Desain Didaktis Konsep Luas Daerah Trapesium Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), Vol.1 No.2, 78-87.

Novalia, E., & Rochmad. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Kreatif pada Pembelajaran Synectics Materi Bangun Ruang Kelas Viii. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 225-232.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In PISA. Paris: OECD Publishing.

Sahrudn, A., & Trisnawati. (2018, Januari). Pengembangan Metode Problem Based Learning melalui Permainan Engklek untuk Meningkatkan Thinking Math Peserta Didik MA Global School. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), Vol.2 No.1, 32-43.

Sari, H. R. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015, 713-720.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-09

Cara Mengutip

ramiartiah, ramiartiah, & Hidayati, N. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika pada Materi Segiempat. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2309

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>