ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI KUBUS, BALOK DAN LIMAS SISWA SMP

Penulis

  • Aditya Dwi Nugroho Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nita Hidayati Pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi kubus, balok dan limas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 33 siswa tahun pelajaran 2019/2020 disalah satu sekolah di kabupaten karawang. Teknik pengumpulan data berupa pemberian tes uraian yang berjumlah 3 buah soal yang sebelumnya dilakukan validasi dengan indikator kemampuan komunikasi matematis diantaranya yaitu : (a) menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika, (b) menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematik secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar, dan (c) menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol. Hasil penelitian ini menunjukan nilai hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa 18,18% pada kategori rendah, 69,70% pada kategori sedang, dan 12,12% pada kategori tinggi. Selain itu kemampuan terendah komunikasi matematis siswa terdapat pada indikator menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Effendi, K. N. S. (2017). PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 10-17.

Effendi, K. N. S., & Aini, I. N. (2018). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bagi Guru Matematika SMP di Telukjambe, Karawang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 45-52.

Hasanah, U. (2017). Efektifitas Pendekatan Reciprocal Teaching terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Skripsi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNSIKA: tidak diterbitkan

Izzati, N., & Suryadi, D. (2015). Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 721-729.

Nacional Coucil of Teacher of Mathematic (NCTM). (2000). Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics.

Nerru, P. M., Mariani, S., & Cahyono, E. (2013). Pembelajaran metode reciprocal teaching berbantuan CABRI untuk meningkatkan komunikasi matematik siswa kelas X. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1).

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).

Ramlah, R., & Marlina, R. (2018). IMPLEMENTASI TEKNIK VISUAL THINKING BERBASIS PENGOPTIMALAN FUNGSI OTAK KANAN DALAM PENCAPAIAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Sigma, 2(2), 50-58.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Nugroho, A. D., & Hidayati, N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI KUBUS, BALOK DAN LIMAS SISWA SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2640

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>