ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 8 KARAWANG BARAT PADA MATERI SEGIEMPAT

Penulis

  • Siti Sariah Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa
  • Nita Hidayati pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan proses mengatasi suatu masalah yang ditemui dan untuk menyelesaikannya diperlukan sejumlah strategi. Melatih siswa dengan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika bukan sekedar siswa mampu menyelesaikan soal atau masalah yang diberikan, namun diharapkan siswa dapat terbiasa melakukan proses pemecahan masalah dalam menjalani hidup yang penuh dengan permasalahan. Indikator pada pemecahan masalah seperti yang dikatakan polya ada 4 langkah penyelesaian masalah, yaitu : (1) memahami masalah (2) menyusun rencana penyelesaian (3) melaksanakan rencana penyelesaian (4) memeriksa kembali hasil pengerjaannya. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 8 Karawang Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Kemampuan pemecahan masalah digali melalui metode tes yang berpandu pada kemampuan pemecahan masalah, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil uji tes pada siswa kelas VIIA, diperoleh kesimpulan bahwa siswa masih belum terbiasa dengan soal-soal pemecahan masalah dan umumnya mereka kurang mampu dalam menuliskan penyelesaiannya, khususnya siswa mengisi soal tes dan memeriksa hasil tes yang masih tergolong rendah pada materi Segiempat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Smp Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. 1, (2), 192-202.

Setiawan, W. (2016). Profil Berpikir Metaforis (Metaphorical Thinking) Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Pengukuran Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif. 7, (2), 208-216.

Ariyani, D.A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas VII Melalui Aplikasi Model Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika. Skripsi Sarjana pada Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Diterbitkan.

Nissa, I.C. (2015). Pemecahan Masalah Matematika (Teori Dan Contoh Praktek). Mataram: Duta Pustaka Ilmu.

Panjaitan, M and Rajagukguk, R.S. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas X SMA. Jurnal Inspiratif. 3, (2), 2442-8876.

Bernard, M. et.al. (2018). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar”. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education). 2, (2), 77-83.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Sariah, S., & Hidayati, N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 8 KARAWANG BARAT PADA MATERI SEGIEMPAT. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2479

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>