ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA SOAL HIMPUNAN

Penulis

  • Annisa Nurul Maulidya Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nita Hidayati Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan komunikasi yang dimiliki peserta didik untuk menyelesaikan soal pada materi himunan. Analisis kemampuan komunikasi yang dilakukan mengenai kemampuan komunikasi matematika dengan menghubungkan benda nyata, gambar dan diagram kedalam ide matematis, dan komunikasi matematis peserta didik dalam menjelaskan ide, situasi, tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Proses analisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi himpunan yaitu dengan memberikan peserta didik tes berupa soal – soal mengenai materi himpunan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di salah satu SMP yang terletak di Karawang Barat pada tahun ajaran 2019/2020. Untuk sampel dalam penelitian ini hanya diambil 20 siswa di kelas IX dari SMP tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematika menghubungkan benda nyata, gambar dan diagram kedalam ide matematis tergolong sedang. komunikasi matematis menjelaskan ide, situasi, tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar tergolong rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Himpunan. journal cendikia, 18-21.

As'ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufik, I. (2017). Matematika untuk SMP/MTs kelas VII semester 1. jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Budianti, A., & Jubaedah, D. S. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DI SMPN 10 CIMAHI PADA MATERI LINGKARAN. Jurnal cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 20-28.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMatheEdu, 11.

Kiki Nia Sania Effendi, M., & Alpha Galih Adirakasiwi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran Matematika. karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.

Munawaroh, & Resta, E. L. (n.d.). ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI HIMPUNAN. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 105-114.

Sugiono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: ALFABETA.

Wardana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 No 2 Juli Tahun 2018, 174.

Wibawa, H. (2017). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI HIMPUNAN BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO PADA SISWA KELAS VII SMP. PUBLIKASI ILMIAH, 1-16.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Maulidya, A. N., & Hidayati, N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA SOAL HIMPUNAN. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2438

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>