ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Penulis

  • Hariwan Estu Aziz Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nita Hidayati Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Penalaran Matematis pada siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan materi Aritmatika Sosial. Kemampuan Penalaran Matematis dapat dilihat dari hasil tes siswa dalam mengerjakan soal pemecahan masalah yang dibuat berdasarkan indikator penalaran matematis. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada salah satu SMP di Kota Karawang sebanyak 5 orang siswa. Intrumen tes yang digunakan berbentuk tes uraian. Dari hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII pada materi Aritmatika Sosial masih rendah, khususnya pada indikator penalaran matematis menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kemendikbud.

Permendiknas. (2006). UU No 22 tahun 2006 Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Ratau, A. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SMP Negeri Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya.

Tri Roro Suprihatin, R. M. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMAPAT. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika.

Utari Sumarmo, H. H. (2017). HARD SILLS dan SOFT SKILL. Bandung: Refika Aditama.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Aziz, H. E., & Hidayati, N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2500

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>