ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Penulis

  • Fitri Alfionita Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nita Hidayati Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Adapun subjek yang diambil untuk penelitian ini adalah 16 siswa kelas IX di salah satu SMP Negeri Karawang Barat. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes uraian kemampuan penalaran matematis yang diberikan sebanyak 4 butir soal. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan tes uraian yang dilakukan yaitu kategori cukup sebanyak 2 siswa pada interval skor  dengan persentase 12,5%; kategori rendah sebanyak 3 siswa pada interval skor  dengan persentase 18,75%; dan kategori sangat rendah sebanyak 11 siswa pada interval skor  dengan persentase 68,75%. Berdasarkan hasil penelitian maka kesimpulannya adalah kemampuan penalaran matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas IX di salah satu SMP Negeri Karawang Barat termasuk kategori sangat rendah. Sehingga kemampuan penalaran matematis siswa dikatakan sangat rendah karena tidak terpenuhinya semua indikator kemampuan penalaran matematis.

 

Kata kunci:

Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan Penalaran Matematis

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustiani, L. (2016). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Solving. Karawang: Tidak diterbitkan.

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fajriyah, L., & Zanthy, L. S. (2019). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Journal On Education, 01(03), 211-216.

Farida, A. R., Caswita, & Gunawibowo, P. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(7), 644-654.

Herdiana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: Refika Aditama.

Kamilah, S. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Pendekatan Kontekstual. Karawang: Tidak diterbitkan.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding it up : Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Kurniasih, R. D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Adimulyo Tahun Pelajaran 2015/2016. Purworejo: Tidak Diterbitkan.

Mahmuzah, R., & Aklimawati. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Numeracy, 4(2), 71-80.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA : NCTM.

Rodiah, S., & Triyana, V. A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX MTS Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gender. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 1-8.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Alfionita, F., & Hidayati, N. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2573

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>