Kemampuan Kognitif Matematika Ditinjau Dari Karakteristik Kepribadian Keirsey

Penulis

  • Meitha Arinindya Putri Pendidikan Matematika - Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Haerudin Haerudin Pendidikan Matematika - Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif matematika ditinjau dari sisi psikologi, yaitu karakteristik kepribadian sehingga dapat menjadi salah satu solusi agar proses pembelajaran matematika yang diselenggarakan mampu memberikan ruang yang cukup bagi peserta didik, khususnya dalam meningkatkan kemampuan kognitif matematika siswa.. David West Keirsey yang adalah seorang psikologi California menjelaskan klasifikasi karakteristik kepribadian manusia menjadi empat, yakni artisan, guardian, idealist dan rational. Berdasarkan studi literatur pada berbagai sumber buku dan hasil penelitian, diperoleh informasi mengenai beberapa kemampuan kognitif matematis dalam sudut pandang karakteristik kepribadian artisan, guardian, idealist dan rational. Hasil penelitian ini adalah perbedaan karakteristik kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri pada kemampuan kognitif matematis. Artisan unggul dalam kemampuan representasi matematis tetapi lemah pada kemampuan berpikir kritis matematis. Guardian unggul dalam kemampuan pemecahan masalah matematis tetapi lemah pada kemampuan representasi matematis. Idealist cukup baik dalam beberapa kemampuan kognitif matematis tetapi lemah pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan analisis matematis. Dan rational unggul dalam beberapa kemampuan representasi matematis tetapi lemah pada kemampuan pemecahan masalah matematis

 

 

Kata kunci:

Artisan, Guardian, Idealist, Kemampuan Representasi Matematis, Rational.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Albar, Wakhid Fitri. 2015. Skripsi: Tingkat Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP Kelas VII Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dalam Setting Problem Based Learning. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Arief, Furchan. 2004. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keirsey, David. 1998. Please Undertand Me II. California: Promotheus Nemesis Book Company.

Kholiqowati, Heni. 2016. Skripsi: Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Peserta Didik Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Layyina, Ulya. 2018. Jurnal: Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Berdasarkan Tipe Kepribadian Pada Model 4k Dengan Asesmen Proyek Bagi Siswa Kelas VII. Semarang: Prisma 1, Halaman 704-713.

Lestari & Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pt Refika Aditama.

NCTM. 2000. Principles and Standards For School Mathematics. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Susanti & Maharani. 2016. Jurnal: Profil Berpikir Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Numerical Analysis Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. Madiun: IKIP PGRI Madiun. ISSN: 2088-351X, Halaman 62-72.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-09

Cara Mengutip

Putri, M. A., & Haerudin, H. (2019). Kemampuan Kognitif Matematika Ditinjau Dari Karakteristik Kepribadian Keirsey. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2382

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>