KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Penulis

  • Irma Ningsih Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • haerudin haerudin Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan spasial matematis siswa pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Karawang dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skill (HOTS) berstandar Programme for International Student Assesment (PISA) yang berkaitan dengan materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui pemberian lima soal yang memuat indikator sebagai berikut: (1) spatial perception (presepsi spasial), (2) visualization (visualisasi), (3) mental rotation (rotasi mental), (4) spatial relation (hubungan spasial), dan (5) spatial orientation (orientasi spasial). Teknik analisis data yang dipilih adalah teknik purposive sampling yang digunakan untuk mengetahui kemampuan spasial yang dimiliki oleh siswa terpilih. Hasil jawaban siswa dikelompokkan ke dalam tiga kategori, yaitu tinggi, sedang dan rendah secara berurutan sebesar 20%, 63,33%, dan 16,67%. Berdasarkan hasil jawaban siswa tersebut diketahui bahwa siswa masih kesulitan membangun presepsi, memvisualisasikan, merotasikan mental, menghubungkan dan mengorientasikan objek matematis karena kemampuan spasial matematis yang dimiliki siswa masih terbilang rendah.

 

Kata kunci:

Bangun ruang sisi datar, kemampuan spasial matematis, HOTS, PISA

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Effendi, K. N. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII pada Materi Kubus dan Balok. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 10-17.

Febriana, E. (2015). Profil Kamampuan Spasial Siswa Menengah Pertama (SMP) dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Dimensi Tiga Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Elemen, 1(1), 13-23.

Muthmainah, A. (2018). Penggunaan Software Cabri 3D dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Spasial dan Karakter Matematis Siswa. Tesis. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Putra, Z., & Hartono. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4,5,6 menggunakan Konteks Lampung. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif (KREANO).

Zulayfa, S. (2016). Penerapan Pembelajaran SAVI Berbantuan Software Google Sketchup Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Geometri Siswa. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Ningsih, I., & haerudin, haerudin. (2019). KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2662

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>