Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson

Penulis

  • oktavia yusni kurniasih Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • haerudin haerudin Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang sering terjadi dan dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan kriteria watson. Pada kenyataannya masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal dalam bentuk cerita. Analisis kesalahan siswa ini diharapkan mampu menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa agar meminimalisir kesalahan-kesalahan terulang yang dilakukan oleh siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data berdasarkan kajian pustaka. Berdasarkan hasil kajian pustaka yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa masih banyak kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ayarsha, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson.

Kasana, A. U., & Khotimah, R. P. (2019). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linier Berdasarkan Kriteria Watson Pada Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 1 Ngemplak. KNPMP, 1-11.

Kebudayaan, D. P. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2014 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Larasati, D. P. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kesalahan Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson.

Palayukan, H., & Pelix, L. (2018, Juni). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku Berdasarkan Kriteria Watson Di Kelas X SMA Katholik Rantepao. Inspiramatika, 4(1), 47-60.

Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1136.

Sarwoedi. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Matematics Paedagogic, IV(1), 12-22.

Sularningsih, Septiani; Battijanan, Arin; Widodo, Sri Adi;. (2018). Ananlisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Langkah Poliya Siswa SMK. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 775-780.

Susiawati, & Febrian. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2015/2016 Dalam Menyelesaikan Permasalahan Peluang Dengan Menggunakan Kategori Kesalahan Watson. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1-14.

Tasekeb, D., & Ratu, N. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Tentang Luas Lingkaran Berdasarkan Kriteria Watson. 328-341.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

kurniasih, oktavia yusni, & haerudin, haerudin. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2394

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>