MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENYEIMBANGKAN FUNGSI OTAK MELALUI MEDIA PERMAINAN PUZZLE

Penulis

  • SHITA RAHMAWATI unsika
  • ramlah ramlah
  • haerudin haerudin

Abstrak

Rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan pembelajaran matematika yang cenderung menggunakan fungsi otak kiri merupakan masalah yang harus diatasi.Oleh karena itu dalam penelitian ini digunakan media permainan puzzle, dimana tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menelaah peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan menyeimbangkan fungsi otak melalui media permainan puzzle. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain the nonequivalent pretes postes control group desaint. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Cikampek dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dipilih dua kelas yaitu kelas VII-E (N=32) sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan media permainan puzzle dan kelas VII-C (N=32) sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran (pendekatan saintific). Analisis data kuantitatif penelitian menggunakan sofware SPPS 23 . Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menyeimbangkan fungsi otak melalui media permainan puzzle lebih baik daripada yang tidak menggunakan media permainan puzzle.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asikin, M dan Iwan Junaedi . (2013) . Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME . [Online] , ISSN 2252-6455 , 11halaman . Tersedia : http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer.

Haerudin. (2014). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar . Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1, hlm 57-66.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Cita Aditya bakti

Permendiknas, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, (Jakarta :Departemen Pendidikan Nasional, 2006), h.346

Ramlah dan Marlina, Rina. (2017). Implementasi Teknik Visual Thinking Berbasis Pengoptimalan Fungsi Otak Kanan dalam Pencapaian Kemampuan Komunikasi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Didaktika, Vol 2, No (2).

Ramlah. (2017). Pengaruh Permainan Puzzle terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UHAMKA, Vol 1, hal 29-33.

Safitri.D, M.Syukri, D.Yuniarti. (2014). Peningkatan Kemampuan Daya Ingat melalui Permainan Puzzle pada Anak Usia 5-6 Tahun. Arikel Penelitian. PG-PAUD FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo,dkk. (2017) . Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama

Wahid, Umar. (2012)Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Jurnal Ilmiah Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No (1)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-26

Cara Mengutip

RAHMAWATI, S., ramlah, ramlah, & haerudin, haerudin. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENYEIMBANGKAN FUNGSI OTAK MELALUI MEDIA PERMAINAN PUZZLE. Prosiding Sesiomadika, 1(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2154

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>