EFISIENSI PEMBERIAN MUSIK KLASIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Penulis

  • bambang sulistya wibawa pendidika matematika universitas singapperbangsa karawang
  • haerudin haerudin pendidikan matematika universitas singaperbangsa indonesia

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dan harus dimiliki oleh siswa, karena kemampuan pemecahan masalah menjadi dasar dalam pembelajaran matematika. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah perlu adanya metode yang tepat, salah satunya dengan memberikan iringan musik klasik pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung karena iringan musik klasik bisa merangsang kinerja fungsi otak untuk memfokuskan pada satu hal dan merangsang gudang ingatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji literatur tentang pemberian musik klasik pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan metode studi literatur dengan mengutip pendapat dan pengumpulan data dari berbagai jurnal – jurnal, buku – buku, serta penelitian terdahulu yang sesuai.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aldi. (2012). Pengaruh Belajar Musik Klasik Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar pada Anak Sekolah Dasar Di Studio Musik Purwacaraka Surakarta.

Dhurori, & Markaban. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Kajian Aljabar di SMP. Yogyakarta: PPPPTK.

Gumanti, A. A., Supriadi, N., & Suherman. (2017). Pengaruh Pembelajaran Dengan Musik Klasik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. 393 - 399.

Mairing, J. P. (2018). Pemecahan Masalah Matematis. Bandung: ALFABETA.

Muttaqin, & Kustap. (2008). Seni Musik Klasik Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika , 163 - 176.

Sopiany, & Hijjah. (2016). Penggunaan Strategi TTW (Think - Talk - Write) Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan disposisi matematika siswa MTsN Rawamerta Karawang. jurnal pendidika dan pembelajaran matematika , 268 - 276.

Sunendar. (2017). Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. 86 - 93.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

wibawa, bambang sulistya, & haerudin, haerudin. (2019). EFISIENSI PEMBERIAN MUSIK KLASIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Prosiding Sesiomadika, 2(1c). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2659

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>