PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Penulis

  • Elisa Kotrunada Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Haerudin Haerudin Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Pada kenyataannya dilapangan masih banyak ditemukan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) diharapkan menjadi sebuah solusi untuk mengatasi atau menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif . Penelitian ini masih bersifat kajian pustaka terkait dengan kemampuan komunikasi matematis siswa, matematika dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) . Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari kajian pustaka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP.

Kata kunci:
Kemampuan Komunikasi Matematika, Matematika, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientific. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematik, 1(1), 35-43.

Hafely, Bey, A., Jazuli, L. A., & Sumarna3 , N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 194-204.

Haji, S., & Abdullah, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Infinity, 5(1), 42-49.

Hartini, Maharani, Z. Z., & Rahman, B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Kreano, 7(2), 131-135.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan.

Pebrianti, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning. Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang.

Sinaga, R. S., & Manik, S. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Salapian Kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 5(1), 53-58.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yanti, A. H. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 118-129.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Kotrunada, E., & Haerudin, H. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2592

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>