Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Luas dan Volume Kubus Balok
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi luas dan volume kubus balok. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis pada penelitian ini meliputi memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa kembali jawaban. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di salah satu SMP di Kabupaten Karawang. Sampel yang dipilih adalah kelas IX B denganĀ teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes soal uraian kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi luas dan volume kubus balok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 38 orang siswa, presentase siswa yang mampu memahami masalah adalah sebesar 69%, merencanakan pemecahan masalah sebesar 23%, melaksanakan pemecahan masalah sebesar 39%, dan memeriksa kembali jawaban sebesar 25%. Sehingga, didapat hasil rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 39% yang memiliki kriteria lemah. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa siswa hanya mampu memahami masalah yang ada pada soal, namun belum mampu merencanakan pemecahan masalah dan melaksanakan pemecahan masalah dengan baik, serta kurang teliti dalam memeriksa kembali jawabanUnduhan
Referensi
Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Kemdikbud. (2014). Permendikbud No 58 Tahun 2014. Diambil kembali dari JDIH Kemdikbud-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud%20Nomor%2058%20Tahun%202014-digabungkan.pdf
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Panjaitan, F. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berfikir Siswa Melalui Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas VIII Mts Al Jamiyatul Washliyah Tembung T.A 2017/2018. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Polya, G. (2004). How to Solve IT. A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press.
Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statistika. Bandung: ALFABETA.
Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Utami, R. W., & Wutsqa , D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil kembali dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm