ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP TERHADAP MATERI STATISTIKA

Penulis

  • Dede Kisma Pendidikan matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutirna Sutirna pendidikan matematika unsika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan indikator kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMPN 1 Pamanukan  pada materi statistika. Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling, dengan pertimbangan guru mata pelajaran matematika kelas VIII sehingga diperoleh sampel  siswa kelas VIII D sebanyak 38 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan sejauh mana pencapaian dari indikator kemampuan komunikasi matematis di kelas VIII D. Sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan soal tes kemampuan komunikasi matematis berupa 3 butir soal tes dengan indikator sebagai berikut; (1) Menyatakan situasi, gambar, diagram ke dalam bentuk matematika; (2) Menjelaskan ide, situasi dan relasi matematika baik secara lisan maupun tulisan; (3) Menyatakan penyelesaian model matematika bentuk gambar denga n ide penyelesaian yang tepat. Hasil tes yang telah dilaksanakan pada 3 soal komunikasi matematis di kelas VIII D diperoleh persentase tiap indikator yaitu pada indikator (1) ) Menyatakan situasi, gambar, diagram ke dalam bentuk matematika sebesar 70% (Baik), pada indikator (2) Menjelaskan ide, situasi dan relasi matematika baik secara lisan maupun tulisan sebesar 45,50% (Cukup), serta pada indikator (3) Menyatakan penyelesaian model matematika bentuk gambar dengan ide penyelesaian yang tepat sebesar 26,75% (Kurang). Untuk rata-rata keseluruhan indikator kemampuan komunikasi matematis didapat presentase 47,42% (Cukup) . Berdasarkan hasil analisis di atas didapat kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII D di SMPN 1 Pamanukan berada pada kategori cukup.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aryans.(2007). KomunikasiDalamMatematika. (http://rbaryans.wordpress.com, diakses: 20 April 2013)

Sariningsih, Kadarisma. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pendekaatan Saintifik Bernasis Etnomatematika. Jurnal Ilmniah UPT P2M STKIP Siliwangi, Vol 3,No 1.

Lestari, I (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol 3(2): 115-125

Khadijah,Maya,Setiawan. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada materi Statistika.Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.Vol 1,No.6

NCTM. (2000). Principles Standard for School Mathematics. Reston, Virginia: NCTM

Nurhayati, N. (2014). Pengaruh Pembelajaran dengan pendekatan Reciprocal Teaching terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siiswa SMP. Tesis.SPs UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Setiawan. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa SMP Dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, Vol2, No 1.

Sukaesi, Y. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning. Skripsi STKIP Siliwangi. Bandung: Tidak diterbitkan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-20

Terbitan

Bagian

Artikel