ANALISIS TINGKAT MISKONSEPSI MATEMATIS SISWA PADA SOAL ALJABAR

Penulis

  • novita sari prodi pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang
  • Sutirna Sutirna

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi miskonsepsi matematis siswa pada materi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII disalah satu SMP Swasta di Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes uraian sebanyak 2 soal pada indikator sistematis dan konsisten. Hasil penelitian persentase rata-rata tes uraian keseluruhan siswa sebesar 29,80% diperoleh dari indikator sistematis sebesar 28,65% dan indilator konsisten sebesar 30,96%. Artinya hasil dari interpretasi kedua indikator tersebut masih kurang. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah diuraikan di atas dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi matematis siswa masih tinggi. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Muhsetyo, G. (2008). In Pembelajaran Matematika SD (p. 26). Jakarta.

Paul T, & Robert R. (2003). Personality in Adulthood Second Edition A Five Factor Theory Perspective. New York.

Ridwan. (2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

sari, novita, & Sutirna, S. (2019). ANALISIS TINGKAT MISKONSEPSI MATEMATIS SISWA PADA SOAL ALJABAR. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2564

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama