Pembelajaran Matematika Berbasis Wirausaha

Penulis

  • Fadilla Alifah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutirna Sutirna Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan artikel ini menyajikan tentang pembelajaran matematika yang didalamnya berbasis indikator wirausaha. Metode yang digunakan dalam artikel ini menggunakan metode kajian pustaka, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan/atau mengekplorasi beberapa jurnal, buku, dan dokumen-dokumen (baik yang berbentuk cetak maupun elektronik) serta sumber-sumber data atau informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian. Temuan dalam kajian ini adalah pembelajaran matematika berbasis wirausaha dapat dijadikan sebagai referensi atau alternatif dalam pelaksanakan pembelajaran matematika agar pembelajaran menjadi bermakna, inovatif, dan menarik sehingga siswa akan merasakan senang belajar matematika, baik di tahap awal pembelajaran, inti pembelajaran, dan akhir pembelajaran. Selain itu, dengan pembelajaran matematika berbasis wirausaha siswa dilatih untuk percaya diri, bertanggung jawab, kreatif dan dapat bekerjasama dengan tim sehingga akan berdampak pada hasil belajar dan tumbuhnya karakter kewirausahaan siswa. Kajian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika berbasis wirausaha merupakan suatu strategi yang efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan keterampilan siswa. Dengan proses pembelajaran matematika berbasis wirausaha siswa dapat terampil mempraktekan langsung materi yang dipelajarinya, tidak hanya sekadar memahami materi saja sehingga tujuan pembelajaran matematika dapat tercapai.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Fadilla Alifah, Universitas Singaperbangsa Karawang

Prodi Pendidikan Matematika

Sutirna Sutirna, Universitas Singaperbangsa Karawang

Prodi Pendidikan Matematika

Referensi

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ganefri, & Hidayat, H. (2017). Perspektif Pedagogi Entrepreneurship Di Pendidikan Tinggi. Depok: Kencana.

Haji, S., Abdullah, I., & Yumiati. (2017). Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Melalui Pembelajaran Luar Kelas. Jurnal Universitas Bengkulu, 3.

Hakim, A. R. (2019). Menjawab Tantangan Era Industry 4.0 Dengan Menjadi WIrausaha di Bidang Pendidikan Matematika. Prosiding Kaluni, 3.

Hutagulung, R. B., & Situmorang, S. H. (2008). Pengantar Kewirausahaan. Medan: Usu Pree.

Istiqomah. (2013). Implementasi Statistika Dalam Pendiidikan Kewirausahaan. Jurnal Pendidkan Matmatika, 67.

Karli, H. (2010). Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Siswa SD. Jurnal UPI, 3.

Manurung, H. (2013). Peluang Kewirausahaan Sekolah Melalui Kreativitas dan Inovasi. Journal of Business and Entrepreneurship, 2.

Marsitin, R. (2015). Komunikasi Matematik Dalam Pembelajaran Program Linier Berkarakteristik Kewirausahaan Untuk Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 241.

Masduki, L. R., & Krrniasih, E. (2018). Penerapan Pembelajaran Entrepreneur Berbasis Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 42.

Mirzaqon, A., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Landasan Teori. Jurnal UNS, 3.

Murtiyasa, B. (2015). Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global. Jurnal UMS, 2.

Narso, D., Suyitno, H., & Masrukan. (2013). MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERMUATAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK. Journal Unnes, 187.

Nurhasanah, F. (2011). Potensi Membangun Karakter Kewirausahaan Melalui Mata Kuliah Workshop dan Media Pembelajaran. Jurnal UNES, 4.

Rachmadyanti, P., & Wicaksono, V. D. (2017). Pendidikan Kewirausahaan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. 241.

Runisah. (2018). pengembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Prosiding SNMPM, 2.

Saputra, Y. N. (2010). Pengembangan Kurikulum Kewirausahaan di Sekolah Menengah Pertama. 600.

Shadiq, F. (2010). Psikologi Pembelajaran Matematika di SMA. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Subanji. (2013). Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, P., & Salwa. (2016). Upaya Mengembangkan Karakter Jiwa Kewirausahaan Pada SIswa Sejak DIni Melalui Program Market Day. Jurnal UKM, 5.

Supriatna, H., & Supartono. (2017). Kemampuan Literasi Matematika dan Jiwa Kewirausahaan pada Pembelajaran Matematika Problem Based Learning Berpendekatan Entrepreneurial Pedagogy. Unnes Journal of Mathematics Education Research , 2.

Surtini, S. (n.d.). Matematika Sebagai Salah Satu Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Jiwa Kewiraswastaan Mulai Dini.

Suryaman. (2015). Model Kurikulum Berbasis WIrausaha Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Berbasis Multibudaya di Sekolah Dasar. Sosiohumanika, 2.

Suryana. (2014). Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses . Jakarta: Salemba Empat.

Sutrisno. (2014). Menumbuhkan Karakter Wirausaha Melalui Pembelajaran Kewirausahaan dan Media Matematika. Jurnal UPGRI, 2.

Syaifuddin, I., & Karim, A. (2016). Model Pendidikan Kewirausahaan di SMP Alam Ar Ridho Semarang. Jurnal UNES, 3.

Ulya, H., & Istiandaru, A. (2016). Permainan Pasaran Dalam Pembelajaran Matematika Materi Aritmatika Sosial Untuk Menumbuhkan Karakter Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 3.

Utami, R. (2013). Penerapan Permainan Pasaran Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Aritmatika Sosial. 130.

Utami, W. B., Sholikhah, R. A., & Munadi. Pengaruh Model Pembelajran Inovatif Terhadap Kemampuan Matematika dan Pembentukan Jiwa Kewirausahaan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Alifah, F., & Sutirna, S. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Wirausaha. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2544

Terbitan

Bagian

Artikel