analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi segitiga dan segiempat

Penulis

  • khalda naura danianto pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang
  • Sutirna Sutirna pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMPN 2 Cikarang Selatan yang meliputi indikator memahami masalah, merencanakan strategi, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  riset, karena peneliti hanya memberikan pertanyaan sebanyak 5 soal dengan bentuk tes uraian. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri yang ada di Kabupaten Bekasi dengan pengambilan sampel total yang berjumlah 39 siswa dengan kemampuan yang berbeda - beda. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa siswa yang memahami tingkat permasalahan sebanyak 80% , siswa yang memahami tingkat merencanakan strategi sebanyak 30%, siswa yang memahami tingkat menyelesaikan masalah sebanyak 11%, dan siswa yang memahami tingkat memeriksa kembali sebanyak 20%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rata – rata kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMPN di Kabupaten Bekasi masih tergolong sangat rendah atau hanya sebesar 35,2% dari keseluruhan indikator kemampuan pemecahan masalah matematik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

danianto, khalda naura, & Sutirna, S. (2019). analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi segitiga dan segiempat. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2595

Terbitan

Bagian

Artikel