Kecerdasan Logis Matematis Siswa SMP pada Scaffolding

Penulis

  • erlina erlina Universitas Singaperbangsa
  • Dori Lukman Hakim Prodi pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang

Abstrak

Artikel ini untuk mengkaji kemampuan logis matematis siswa dalam scaffolding. Scaffolding merupakan suatu proses pembelajaran yang dibantu guru dan teman sebaya dalam menyelesaikan masalah untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini diupayakan untuk memperlihatkan gambaran bantuan yang harus diberikan dalam memahami dan menganalisis permasalahan, menghitung dan mengukur pola-pola angka secara logis, memperhatikan operasi matematika, memecahkan masalah dengan berpikir secara deduktif dan induktif. Sehingga, dalam artikel ini dipaparkan bagaimana gambaran kemampuan logis matematis siswa dalam scaffolding.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Campbell, B. (1994). The Multiple Intelligences Handbook. Stanwood: Campbell and Assoc, Inc 17410 Marine Drive.

Chisara , C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Journal homepage: http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika.

Hakim, D. L. (2014). Efforts to Improve Student Learning Ourcomes by Using Cooperative Learning Type of Student Teams Achievement Division (STAD). Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences 2014, Yogyakarta State University, 18-20 May 2014 ISBN.978-979-99314-8-1.

______. (2015). Penerapan Permainan Saldermath Algebra dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP di Karawan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 2 Nomor 1 P-ISSN: 2502-7638 E-ISSN: 2502-8391.

______. (2017). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi Teaching Math Training Materials Making Media Prezi. UNES Journal of Community Service (JCS). Vol 2, Issue 2, December 2017: 157-163 P-ISSN: 2528-5572 E-ISSN: 2528-6846.

______. (2017). Penerapan Mobile Learning dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Representasi Matematis, dan Kemandirian Belajar Matematika Ssiswa.

Hakim, D. L., & Daniati, N. (2014). Efektivitas Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP. Seminar Nasional Riset Inovatif II, tahun 2014 ISSN : 2339-1553.

Hakim, D. L., & Sari, R. M. (2019). Aplikasi Game Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Mengghitung Matematis. JPPM Vol. 12 No. 1 (2019).

Realistik Indonesia (PRMI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Srandakan. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran Volume 5, No 2, December 2017 (293-301) p-ISSN: 2354-6883 ; e-ISSN: 2581-172X.

Larasati, Y., & Mampouw, H. L. (2018). Pemberian Scaffolding untuk Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4 Nomor 1, Januari – April 2018, halaman 47 – 56 p-ISSN 2442-3041; e-ISSN 2579-3977.

Nabila, F. M., Gani, A., & Habibati. (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Scaffolding terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Peserta didik SMA Negeri 4 Banda Aceh Pada Submateri Tata Nama Senyawa Hidrokarbon. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya Vol. 6, No. 2, Mei 2017 ISSN : 2089-1776.

Nurhayati, E., Mulyana, T., & Martadiputra, B. A. (2016). Penerapan sca?olding untuk pencapaian kemampuan pemecahan masalah matemats. Jurnal Penelitan Pendidikan dan Pengajaran Matematka vol. 2 no. 2, pp. 107–112, September 2016 p-ISSN: 2460-8599.

Nurhusain, M., & Indriani, Y. (2016). Implementasi Pendekatan Kontekstual Dengan Mengintensifkan Scaffolding untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Sainsmat, Maret 2016, Halaman 30-41 Vol. V, No. 1 ISSN 2086-6755.

Nurilah, Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Journal homepage: http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika.

Prayitno, A., Nurjana, E. F., & Khasanah, F. (2017). Karakterisasi Scaffolding Berdasarkan Kesalahan Berfikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Kependidikan (Penelitian Inovasi Pembelajaran) Volume 1, nomor 1, juni 2017.

Ramadhani, A. N., Yuwono, I., & Muksar, M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Aljabar serta Proses Scaffolding-nya. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya Oktober 2016, Vol. 1, No.1. ISSN: 2527-6182.

Riyandiarto, B. B., Zaenuri, & Hidayah, I. (2015). Analisis Pemahaman Maatemtika Siswa SMP dengan Pendekatan Multidimensi SPUR (skills, properties, user, and representations). Unnes Journal of Mathematics Education Research UJMER 4 (1) (2015) ISSN 2252-6455.

Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia Volum 1 Nomor 1 bulan Maret 2016. Halaman 20-24 p-ISSN: 2477-5967 e-ISSN: 2477-8443.

Sari, N., & Surya, E. (2017). Efektivitas Penggunaan Teknik Scaffolding dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Swasta Al-Washliyah Medan. Edumatica Volume 07 Nomor 01 April 2017 ISSN: 2088-2157.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syar, R., Sudia, M., & Sahidin, L. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Scaffolding Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 5 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 3 No. 2 Mei 2015 ISSN: 2599-0101 (online) ISSN: 2338-6433 (print).

Yuliani, N. L., & Widana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Scaffolding berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Gaya Berpikir Siswa SMP Negeri 2 Mengwi. Emasains Volume VII No.1 Maret. 2018 Halaman: 66-75 ISSN: 2302-2124.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Terbitan

Bagian

Artikel