Persepsi keluarga tentang Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pembentukan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.35706/joce.v1i1.3856Abstrak
Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi keluarga tentang pentingnya pendidikan anak usia dini dan cara mendidik anak usia dini dalam pembentukan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dilakukan di Desa Nanjung kecamatan Margaasih Bandung dengan subjek penelitian sebanyak lima orang. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sample. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh : 1) Subjek penelitian berpersepsi bahwa PAUD sangat penting 2) Kebutuhan anak harus benar-benar dipenuhi 3) Setiap keluarga mempunyai cara masing-masing dalam membentuk karakter anak 4) Dalam membentuk karakter anak harus ada kerjasama antara keluarga dengan sekolah dan lingkungan sekitar 5) Kegiatan positif diberikan kepada anak secara rutin untuk pembiasaan.
Kata Kunci: Persepsi, PAUD, Pembentukan karakter
Unduhan
Referensi
Ali, A. m. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER: Konsep dan Implementasinya (1st ed.). Jakarta: KENCANA (divisi dari PRENADAMEDIA Group).
Amalia, A. (2009). Persepsi Keluarga Pemulung Tentang Pendidikan, di Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjung Balai.
Andarmoyo, S. (2012). KEPERAWATAN KELUARGA: Konsep Teori, Proses dan Praktik Keperawatan (pertama). Yogyakarta: GRAHA ILMU.
Ariyanti, T. (20016). PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK. DINAMIKA PENDIDIKAN DASAR, 8(Maret), 50–58. Retrieved from http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/943/881
Hammud, D. M. D. (2017). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Hasnida. (2015). Analilis Kebutuhan Anak Usia Dini (kedua). Jakarta Timur: PT LUXIMA METRO MEDIA.
Khoridah, M. F. dan L. M. (2013). Pendidikan Krakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD (1st ed.; R. K. Ratri, Ed.). Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Kurniawan. (2014). PENDIDIKAN KARAKTER: Konsep dan Implementasi secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat (kedua; R. KR, Ed.). Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Megawangi, R. (2016). No Title (5th ed.). Bogor: Indonesia Heritage Foundation.
Mulyasa, E. (2017). MANAJEMEN PAUD (5th ed.). Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Nufus, H. (2016). Peranan pendidikan anak usia dini (paud) dalam membina tumbuh kembang anak di kota ambon. 1(1), 87–102.
Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2
Santika, T. (2018). PERAN KELUARGA, GURU DAN MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 6(November), 77–86. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/download/1797/1444
Silahuddin. (2017). URGENSI MEMBANGUN KARAKTER ANAK SEJAK USIA DINI. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry, 3(2), 18–41. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/1705
Sudaryanti. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(Juni), 11–20. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/download/2902/2416
Sugiyono, P. dr. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: ALFABETA cv.
Sujarweni, V. W. (2014). METODOLOGI PENELITIAN. Yogyakarta: PUATAKABARUPRESS.
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini (I; N. N. Muliawati, Ed.). Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Widianto, E. (2015). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. PG-PAUD Trunojoyo, 2, 31–39.
Wijayani, N. A. (2016). KONSEP DASAR PAUD (I). Yogyakarta: GAVA MEDIA.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Journal of Community Education
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.