UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI FINGER PAINTING PADA KELOMPOK A DI POS PAUD ANGGREK KECAMATAN RAWAMERTA KABUPATEN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/joce.v2i2.4530Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses upaya guru meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui finger painting pada kelompok A, faktor pendukung dan penghambat, dan hasil pembahasan penelitian di POS PAUD Anggrek Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Desain kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Selanjutnya, subjek penelitian ini terdiri dari R1 pengelola dan R2 Guru di POS PAUD Anggek Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari proses analisis keabsahan menunjukkan bahwa proses pembelajaran dilakukan dengan 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sedangkan faktor pendukung terbagi menjadi 2 yaitu faktor internal yakni minat dan kesadaran belajar peserta didik dan faktor eksternal yakni sarana prasarana dan guru yang memadai. Akan tetapi, ada beberapa hambatan diantaranya yaitu kurangnya partisipasi dan keaktifan serta belum tersedianya infromasi teknologi di kelas. Adapun hasil pembelajaran dapat berdampak pada kelanjutan kehidupan dari lulusan peserta didik di POS PAUD Anggrek.
Unduhan
Referensi
Ardy wiyani. (2014). Psikologi PERKKEMBANGAN Aanak Usia Dini. Yogyakarta : GAVA MEDIA.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan
Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Depdiknas
Daeng sari dan Dini p (1996). Metode mengajar di taman kanak-kanak. Jakarta
:Departeman pendidikan nasional
Decaprio, Ricard. (2013). Aplikasi teori pmbelajaran motorik di sekolah.
Yogyakarta : DIVA PRESS
Depdiknas. (2007). Pedoman pengembangan Fisik/Motorik di taman kanak-kanak. Jakarta
Depdiknas. (2008). Pengembangan Kemampuan Motorik Halus di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK SD. Fingerpainting
Hadari Nawawi. (2012). Pejuang pendididkan. Kalimantan : UTP
Kartono, Kartini. (1996). Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung:
Mandar Maju Montolalu. (2009). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta :UniversitasTerbuka
Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito
Samsudin (2005). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: pustaka setia
Slamet suyanto. (2005). Konsep dasar anak usia dini. .Jakarta: departemen
Sugiyono. (2011). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sumanto. (2005). Pengembangan Krativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 JoCE (Journal of Community Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.