Pendekatan Sentra Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Penulis

  • Nurhasanudin PLS FKIP UNSIKA
  • Tika Santika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang model pembelajarn sentra khususnya sentra peran bagi anak usia dini dalam meningkatkan kecerdasan emosional Sentra main peran terkondisikan menjadi dua jenis, yaitu bermain peran makro dan bermain peran mikro. Bermain peran makro adalah bermain peran sebenarnya atas apa yang terkondisikan pada bermain peran mikro. Bermain peran mikro adalah bermain peran kecil dengan menggunakan alat alat simbilik yang merupakan keterwakilan dari tema permainan. Bermain peran makro dan bermain peran mikro pada dasarnya adalah kegiatan main yang tidak dapat dipisahkan. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui tenik wawancara, observasi, dokumentasi dan Forum Group Discusion ( FGD). hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan informasi dalam inplementasi model pembelajaran sentra main peran bagi anak usia dini dalam meningkatkan kecerdasan emosional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-01

Cara Mengutip

Nurhasanudin, & Santika, T. (2021). Pendekatan Sentra Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini. JoCE (Journal of Community Education), 2(1), 38–42. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/joce/article/view/4500

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama