Proses pelatihan menjahit dalam meningkatkan Life Skill di Lembaga Pelatihan Kursus Aisyah
DOI:
https://doi.org/10.35706/joce.v1i1.3866Abstrak
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses dan hasil pelatihan menjahit dalam meningkatkan life skill di Lembaga Pelatihan Kursus Aisyah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengatahui proses pelatihan dalam meningkatkan life skill di Lembaga Pelatihan Kursus Aisyah. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan memiliki lima subjek penentu subjek menggunakan teknik purposive sampling penelitian yang terdiri dari dua informan dan tiga informasi teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian adalah : (1) proses pelatihan menjahit yang melatarbelakangi peserta pelatihan mengikuti pelatihan adalah untuk menambahkan keterampilan dan memberikan pengetahuan serta wawasan yang luas dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan ataupun membuka usaha,dengan perekrutan peserta pelatihan yang mengisi formulir pendaftaran, memberikan foto dan juga membayar biaya pelatihan. Pelaksanaan pelatihan pun menggunakan metode teori dan juga metode praktik dengan pendekatan yang maksimal untuk membantu peserta pelatihan mendapatkan yang diinginkan. (2) hasil proses pelatihan pun sangat terasa bagi peserta pelatihan dari meningkatkan nya kepercayaan diri akan menjahit serta menambahnya pengetahuan, wawasan yang makin luas dan keterampilan yang baik, yang sangat memungkinkan bagi peserta pelatihan dapat memiliki kecakapan hidup yang baik dan mewujudkan apa yang diinginkan.
Unduhan
Referensi
Anwar. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup.Bandung: ALFABETA.
Kartika, Ikka. (2011). Mengelola Pelatihan Partisipatif. Bandung:ALFABETA.
Sudjanan, D. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sujarweni, V, W. (2014). Metodologi Penelitian.Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Journal of Community Education
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.