Efektifitas Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Madrasah Tsanawiyah Persis 96 Garut
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.3903Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di MTs persis 96 lempong, kecamatan banyuresmi kabupaten garut. Permasalahan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang berlangsung di MTs persis 96 garut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang menggambarkan bagaimana keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di MTs persis 96 Garut, subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa, 1 guru penjas, 1 kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik reduksi data dan display data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan jasmani olaraga dan kesehatan di Madrasah Tsanawiyah persis 96 Garut dari segi persiapan sudah cukup baik, sedangkan dalam tahap pelaksanaan dan evaluasi masih kurang baik, selain itu sarana dan prasarana sekolah yang kurang lengkap untuk memenuhi proses pembelajaran penjas, oleh karena itu guru pendidikan jasmani yang bukan lulusan dari guru profesi penjas harus lebih mengembangkan pengetahuannya dalam pembelajaran pendidikan jasmani.
Unduhan
Referensi
Abdul Kadir Ateng. (1989). Penganter Asas-asas dan Landasan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi. Jakarta : FPOK IKIP Jakarta
Agus S, Surobroto. (2004). Diktat Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. FIK : UNY
Armiyah (2011). “Pelaksanaan Pembelajaran Jasmani Olahraga Dan Kesehatanorkes Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sidodawa Kecamatan Patik Raja Kebupaten Banyumas
B. Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Putra.
Candra Gumilar. 2015. Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Bola Tangan Siswa Kelas XI SMAN 2 Klari. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Singaperbangsa Karawang.
Ega Trisna Rahayu. 2016. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (2): hal 61-99
Eri Akhid Hermawan (2001).“Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehtan Di Sekolah Menengah Pertama Se-Kabupaten Kulon Progo.
Hamzah B. Uno. 2008. (2011). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Huesdarta & Yudha M. Saputra. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Kemendikbud Kabupaten Garut Tahun 2019/2020, data sekolah menengah pertama/ Tsanawiyah
Martin, Yamin. (2005). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Ciputat: Gaung Pesada Press
Nana Sudjana. (2002). Penilaian HasilProses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Resty Gustiawati. 2015. Evaluasi Pendidikan Jasmani.(1): hal.37-73
Rusli Lutan. (2001). Asas-Asas Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Dirjen Olahraga : Depdiknas.
Suharsimi, Arikunto. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sumardi Suryabrata. (1983). Metodologi Penelitian. Jakarta : CV. Rajawali 80
Syaiful Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV. Alfa Beta
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Versi
- 2021-07-25 (2)
- 2021-07-25 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.