Pengetahuan Guru Penjas Tentang Model Pembelajaran dengan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.4041Abstrak
Penelitian ini adalah laporan tentang Pengetahuan Guru Penjas tentang Model Pembelajaran dengan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Penjas pada Siswa Kelas X Smk Al-Irsyad Al-Islamiyyah. Untuk mendapatkan data, Peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian: Populasi dan sample. Dan untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrument penelitian, dan kuesioner/angket. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini bersifat korelasi, yaitu menjelaskan hubungan antara variabel dengan menganalisis data numerik (angka) menggunakan metode statistik melalui pengujian hipotesa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 82. Karena penelitian ini menggunakan total sampling (probability sampling) maka sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Al-Irsyad Al-Islamiyyah. Instrumen yang digunakan adalah angket pengetahuan guru penjas dan angket motivasi belajar penjas. Analisis data menggunakan uji korelasi dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan guru penjas dengan motivasi belajar penjas dengan koefisien korelasi 0,832, lebih besar dari batas penolakan rtabel 1%= 0,220 dengan hasil uji F menunjukan Fhitung = 1,22 lebih kecil dari Ftabel dengan tarif signifikan 5% = 1,45
Unduhan
Referensi
Arifin Ramlan. (2018). Survei minat dan motivasi siswa dalam penjas. Jurnal penjas. 28(2), 92-100
Arikunto. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Aziz Wahab. (2010) Model-Model Pembelajaran Penjas. Jakarta: Penerbit Alfabeta.
Azwar, Saifudin, 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Darwis A, Soelaiman (1989). Teori dan Praktek Pengajaran. Semarang: IKIP Semarang Press
Erlina. (2012). Pengertian Pendidikan Jasmani. Jakarta: Pustaka Pelajar Offset
Husadarta dan Yudha M Shaputra.(2013). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta
Jannah Miftakhul. (2017). Pengertian motivasi dalam pembelajaran penjas. Jakarta: Raja Grafindo persada
Permana. (2009). Motivasi dan Minat Belajar. Jakarta : Pustaka Pelajar Offset.
Sardiman.(1986). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: CV. Rajawali.
Samsudin. (2008). Pengertian pendidikan jasmani. Jakarta: Penerbit Alfabeta.
Samsudin. (2008). Ruang lingkup pembelajaran penjas. Jakarta: Penerbit Alfabeta.
Rohman Ujang. (2016). Model pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Penjas. 12(22), 112-118
Rusman. (2012). Model Pembelajaran Penjas. Jakarta : Penerbit Alfabeta.
Sofyan Amri. (2013). Strategi, model pembelajaran dan pendekatan. Jakarta: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Sofyan Siregar. (2014). Statistik Parametik untuk penelitian kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Versi
- 2021-07-25 (2)
- 2021-07-25 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.