KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DENGAN MENGGUNAKAN KRITERIA WATSON

Penulis

  • Nadya Wardani
  • Dani Firmansyah Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan bulat berdasarkan kriteria Watson. Hasil penlitian menunjukkan persentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan bulat dengan menggunakan kriteria Watson. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Karawang Barat kelas VIII-D. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa soal cerita. Soal cerita bilangan bulat yang digunakan terdiri dari dua buah soal. Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan 13% siswa melakukan kesalahan data tidak tepat (id), 28% siswa melakukan kesalahan prosedur tidak tepat (ip), 6% siswa melakukan kesalahan data hilang (od), 10% siswa melakukan kesalahan kesimpulan hilang (oc), 7% siswa melakukan kesalahan konflik level respon (rlc), 5% siswa melakukan kesalahan manipulasi tidak langsung (um), 16% siswa melakukan kesalahan masalah hirarki keterampilan (shp), dan 16% siswa melakukan kesalahan above other (ao).

 

Kata kunci:

kesalahan, soal cerita, kriteria Watson

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asmarani, A. D. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Di Kelas VII SMP Aloysius Turi Tahun Ajaran 2015/2016 Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Topik Bilangan Bulat Berdasarkan Metode Analisis Kesalahan Newman. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Tidak diterbitkan.

Budiyono. (2008). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita Dalam Pembelajaran Matematika. Paedagogia, 11.

Dewi, M. A. K, dkk. (2019). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Dan Gender. Kadikma Universitas Jember, 10(1), 56-57.

Feliyani, Meirita rahma. (2013). Pembentukan Karakter Dan Pemecahan Masalah Melalui Model Probing Prompting Berbantuan Scaffolding Materi Baris Dan deret Kelas XI SMK. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Tidak diterbitkan.

Hamzah, Ali, dkk. (2013). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mujayanti, N. (2011). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson dalam Menyelesaikan Permasalahan Statistika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Genteng. Skripsi. Universitas Jember. Tidak diterbitkan.

Paskalis, Y. W. (2008). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII D dan VII E SMPK Maria Fatima Jember dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Semester Ganjil Tahun Ajaran 2007/2008. Universitas Jember. Tidak diterbitkan.

Sari, I. P. (2015) Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1):10-11.

Suherman, E, dkk.(2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunardi. (1995). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitika Ruang Berdasarkan Taksonomi SOLO. Lembaga Penelitian Universitas Jember.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Depdiknas. Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-09

Cara Mengutip

Wardani, N., & Firmansyah, D. (2019). KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DENGAN MENGGUNAKAN KRITERIA WATSON. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2286

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>