KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENURUT PROSEDUR NEWMAN

Penulis

  • Deaby Nathalia Sidabutar Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dani Firmansyah Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan–kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 16 siswa kelas VII SMPN 8 Karawang Barat tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan data dalam penelitian ini diperoleh melalui pemberian tes tertulis agar dapat mengetahui letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan bulat. Dalam penelitian ini, digunakan prosedur kesalahan Newman untuk menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal. Dari kesalahan-kesalahan siswa tersebut, diperoleh persentase untuk kesalahan membaca sebesar 3,13%, kesalahan memahami sebesar 20,31%, kesalahan transformasi sebesar 12,5%, kesalahan keterampilan proses sebesar 25%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 34,38%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa saat menyelesaikan soal cerita, siswa paling banyak melakukan kesalahan penulisan jawaban akhir dengan presentase sebesar 34,38%.

Kata kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Prosedur Newman

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asmarani, A.D. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Di Kelas VII SMP Aloysius Turi Tahun Ajaran 2015/2016 Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Topik Bilangan Bulat Berdasarkan Metode Analisis Kesalahan Newman. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Newman A. (1977). Tersedia : http://numeracyskills.com.au/newman-s-error-analysis

Nisa, M.K. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII Dalam memecahkan Soal Matematika Model PISA Konten Quantity. Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Prakitipong, N. & Nakamura, S. (2006) Analysis Of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Hiroshima University.

Ruswati, D. Utami, W.T. & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Tiga Aspek. IKIP Siliwangi Bandung.

Sholihah, M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas VII Mts Laboratorium UIN-SU T.p 2017/2018. Skripsi. UIN-SU Medan.

Sugiyono. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Sulistyaningsih A & Rakhmawati E (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Universitas PGRI Semarang.

Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.

Widodo S.A. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Sidabutar, D. N., & Firmansyah, D. (2019). KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENURUT PROSEDUR NEWMAN. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2575

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>