ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MENURUT TAHAPAN KASTOLAN

Penulis

  • Damayanti - Damayanti Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dani Firmansyah Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak


 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal kemampuan representasi matematis pada materi teorema phytagoras berdasarkan metode analisis kesalahan Kastolan. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Karawang Barat  tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 37 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dimana membandingkan data hasil tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Bedasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Pada Indikator Representasi Simbolik siswa mengalami kesalahan konseptual sebanyak 37,83%, kesalahan prosedural sebanyak 8,10%, dan kesalahan teknikal sebanyak 37,83%, (2) Pada Indikator Representasi Gambar siswa mengalami kesalahan konseptual sebanyak 21,62%, kesalahan prosedural sebanyak 37,83%, dan kesalahan teknikal sebanyak 37,83%, (3) Pada Indikator Representasi Verbal siswa mengalami kesalahan konseptual sebanyak 16,21%, dan tidak ada yang mengalami kesalahan prosedural dan teknikal. Penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu siswa salah dalam memilih dan menerapkan rumus, ketidaksesuaian langkah-langkah menyelesaikan soal, kurang teliti, dan kurang memahami konsep dasar dan penyelesaian teorema phytagoras. Kesimpulannya adalah siswa mengalami kesulitan ketika mengerjakan soal representasi matematis pada materi phytagoras sehingga membuat siswa melakukan kesalahan konseptual, prosedural, dan teknikal dalam menyelesaikan soal tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amir, M. F. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linear . Jurnal Edukasi, 131-145.

Asih, E., & Trilliana, T. (2018). Analysis Of Students' Errors Iin Solving Probability Based On Newman Newman's Error Analysis. Journal Of Physics: Conference Series, 1-5.

Dwilistyowati, M. (2018). Kesalahan Menurut Kastolan dan Scaffolding Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 1-13.

Herman, T. (2003). TIMSS dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Matematika di Indonesia. Mimbar Pendidikan , 12-18.

Khanifah, N. M., & Nusantara, T. (2011). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Prosedural Bentuk Pangkat Bulat dan Scaffoldingnya. 1-14.

Mathematics, N. C. (2000). Principles And Standard For School Mathematics. United States Of America.

Mathematics, N. C. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. United States of America.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rusdakarya.

Mulyati. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Representasi Matematis Siswa SMA Melalui Strategi Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review. Jurnal Analisa Prodi Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 36-55.

Nasrudin, R. T. (2017). Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kubus Dan Balok Di MTS Negeri Sukoharjo. 1-13.

Ratna. (2015). Anaisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Di SMP Negeri 7 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Triono, A. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Skripsi UIN Syarief Hidayatullah , 15-16.

Untari, E. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada SIswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal STKIP .

Wati, W. A. (2016). Profil Siswa Terhadap Penguasaan Materi IPA Berdasarkan Tes Soal Trends In International Mathematics And Science Study (TIMSS).

Yarman, & Yulanda, R. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Trigonometri Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pariaman. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 121-126.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-09

Cara Mengutip

Damayanti, D. .-., & Firmansyah, D. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MENURUT TAHAPAN KASTOLAN. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2291

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>