Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMA pada materi matriks

Penulis

  • Nisrina Nur Farkhana Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dani Firmansyah Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa SMA pada materi matriks. Populasi atau subjek yang di ambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Telukjambe Barat tahun ajaran 2019/2020. Pemilihan subyek dengan cara purpossive sampling, diperoleh siswa kelas XI MIA 2 yang berjumlah 33 orang siswa. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes, wawancara dan dokumentasi untuk menentukan kemampuan representasi matematis siswa yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil tes tertulis dalam pembahasan: 1. Kemampuan representasi visual atau gambar termasuk dalam kategori tidak baik karena sebanyak 17 siswa dari 33 siswa tidak mampu membaca tabel yang ada pada soal. 2. Kemampuan representasi persamaan atau ekspresi matematis termasuk dalam kategori tidak baik karena sebanyak 22 siswa dari 33 siswa tidak mampu menjawab dengan baik. 3. Kemampuan representasi kata atau teks tertulis termasuk dalam kategori baik karena sebanyak 22 siswa dari 33 siswa menjawab persoalan matrik dalam representasi kata atau teks tertulis dengan baik walaupun masih ada beberapa yang tidak sesuai dengan indikator representasi matematis.. Maka kemampuan representasi matematis siswa kelas XI MIA 2 pada materi matriks masih terbilang rendah atau kurang sempurna.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Purmono., Andi, E., dan Mawarsari, V. N., 2014, Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Project Based Learning, JKPM, Volume 1 Nomor 1: 2339:2444

Surya, E., & Istiawati. 2016. Mathematical Representation Ability In Private Class XI SMA YPI Dharma Budi Sidamanik. Jurnal Saung Guru : Vol. VIII, No. 2

Putu Diah Paramita Dewi, 2015. Analisis Hasil Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK BOPKRI 1 Yogyakarta Dalam Pemecahan Masalah Matriks Tahun Ajaran 2014/2015

Muhamad Sabirin, 2014. REPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA, JPM IAIN Antasari Vol. 01 No. 2 Januari – Juni 2014, h. 33-44

In Hi Abdullah, 2012. PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL YANG TERINTEGRASI DENGAN SOFT SKILL. ISBN : 978-979-16353-8-7

Candra Bagus Wijaya, 2018. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education (p-ISSN: 2477-4758|e-ISSN: 2540-9670) Vol. 4, No. 2, 2018, Hal. 115 – 124.

Mokhammad Ridwan Yudhanegara, Karunia Eka Lestari. (2015). Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Teruka. Jurnal ilmiah Solusi Vol. 1 No. 4.

Iman Muhammad,S.E.,S.Kom, M.M., M.Kes: 2016 . Metode Penelitian Ilmiah . mkm.helvetia.ac.id

Agus Triono, 2017. ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANGERANG SELATAN. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Juli 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Farkhana, N. N., & Firmansyah, D. (2019). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMA pada materi matriks. Prosiding Sesiomadika, 2(1d). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2578

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>