Pengaruh Kemampuan Resiliensi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika

Penulis

  • Stefani Ayuning Iman Pendidikan matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dani Firmansyah Pendidikan matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP. Sampel pada penelitian ini adalah salah satu kelas VIII SMP. Pemilihan sampel pada penelitian ini didasari oleh Teknik simple random sampling. Instrument yang digunakan adalah instrument non tes, yaitu angket. Dimana pertimbangan penggunaan instrument angket adalah untuk mengukur kemampuan resiliensi matematis siswa. Hasil belajar matematika yang diteliti adalah hasil belajar pada ranah kognitif. Sehingga untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa, peneliti mendapatkan nilai ulangan harian siswa yang diberikan oleh guru mata pelajaran matematika. Kemudian setelah penelitian dilakukan kepada siswa SMP maka didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh kemampuan resiliensi matematis terhadap hasil belajar siswa SMP, dimana pengaruhnya adalah sebesar .

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ayuwanti, I. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma'ninah Yasin Metro. Jurnal SAP, 1, 107.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 3, 37.

James and James, Van. 1976. Mathematic Dictionary. Nostrand Rienhold.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Reivich, K., & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor. New York: Broadway Books.

Setiantanti, T. H. (2017). Skripsi. Pengaruh Resiliensi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pretasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Banyuurip Tahun Pelajaran 2016/2017, 9.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2019). Pengaruh Kemampuan Resiliensi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1b). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2601

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>