Hubungan Self-Efficacy Terhadap Prokrastinasi Akademik Matematika

Penulis

  • Reni Andriyani
  • Dani Firmansyah Universitas Singaperbangsa Karawang -UNSIKA

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self-efficacy terhadap Prokrastinasi Akademik matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Telukjambe Timur. Pemilihan sampel dengan teknik simple random sampling dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Sehingga diperoleh siswa kelas VIII Bahasa 3 yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Pengambilan data diperoleh dengan metode non tes berupa angket Self-efficacy dan angket Prokrastinasi akademik matematika. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan korelasi Rank Spearman. Tujuan uji korelasi ini adalah untuk melihat hubungan antara self-efficacy terhadap Prokrastinasi Akademik matematika. Berdasarkan analisis data diperoleh koefisien korelasi sebesar -0,502 dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 artinya terdapat hubungan self-efficacy terhadap Prokrastinasi Akademik matematika yang berkorelasi negatif artinya jika self-efficacy tinggi maka prokrastinasi akademik rendah begitupun sebaliknya jika self-efficacy rendah maka prokrastinasi akademik tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian, suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka cipta.

Jumroh,dkk. (2018). “ Self-efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Strategi Inquiri Based Learning di Kelas VII SMP Palembang”. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA. 4(1).

Kartika, A. (2013). Hubungan Antara Efikasi Diri dan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Purwodadi. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak diterbitkan.

Lestari & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama.

Nurbaeti, E. (2015). Asosiasi Antara Efikasi- Diri dengan Koneksi Matematis Siswa. Skripsi UNSIKA. Tidak diterbitkan.

Rusli, F. (2017). Asosiasi Antara Prokrastinasi Akademik Dengan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi UNSIKA. Tidak diterbitkan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sunaryo, Y. (2017). “ Pengukuran Self-Efficacy siswa dalam pembelajaran matematika di MTsN 2 Ciamis”. Jurnal Teori dan Riset Matematika. 1(2), 39-44.

Suryo, C. (2017). Hubungan Antara Manajemen Waktu dan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA yang Aktif Dalam Media Sosial di Yogyakarta. Skripsi Sarjana pada Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta : tidak diterbitkan.

Zuraida. (2017). “ Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Potensi Utama”. Kognisi Jurnal. 2(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-09

Cara Mengutip

Andriyani, R., & Firmansyah, D. (2019). Hubungan Self-Efficacy Terhadap Prokrastinasi Akademik Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2320

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>