Meta Analisis: Media Pembelajaran Komik Matematika dengan Pendekatan Realistik

Penulis

  • khaafidh fidriansyah Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dani Firmansyah Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Redo Martila Ruli Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Kurangnya inovasi penggunaan media dalam pembelajaran matematika membuat siswa merasa jenuh dan sulit memahami pembelajaran matematika, padahal matematika berguna dalam memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam media pembelajaran yang menggunakan pendekatan realistik, salah satunya dengan penggunaan komik yang berisikan cerita sehari-hari dalam permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk membahas dampak dari media pembelajaran komik matematika dengan pendekatan realistik. Penuis mengambil sebanyak 10 Jurnal yang membahas media pembelajaran komik matematika untuk dianalisis. Meta analisis ini merupakan analisis dari beberapa jurnal, kajian ini hasil dari penelitian terdahulu dengan masalah yang serupa sehingga dapat mengetahui hasil dan kesimpulannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran komik matematika realistik memiliki pengaruh positif terhadap siswa terutama dalam Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fadillah, A. (2018). Penembangan Media Belajar Komik Tehadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika. 2 (1), 36-42.

Farapatana, E. Anwar, Y.S. Abdillah. (2019). Pengembangan Komik Matematika dengan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, & Review (PQ4R) Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 3(1), 01-06.

Farida, D.I. (2017). Pengembangan Komik Berbasis Etnomatika Sebagai Media Pembelajaran di SMP. Universitas Muhammadiyah Purwerejo. 246-249.

Gravemeijer, K., dan Terwel, J. (2000). Hans Fruedenthal : a mathematician on didactics and curriculum theory. Journal curriculum studies. 32(6).777-796.

Manalu, M.A. Hartono, Y. Aisyah, N. (2017). Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Nilai Karakter Pada Materi Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 35-48.

Masruroh, S. (2019). Pengembangan Media Comic Math Card Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII. Seminal Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Semarang. 225-233.

Nida, I.K. Buchori, A. Murtianto, Y.H. (2017). Pengembangan Comoc Math Dngan pendekatan Etnomatika Pada Materi Kubus dan Balok di SMP. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 31-40.

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linier satu variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639

Rakarsiwi, N. Wahyudi. Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Metode Picture and Picture Meningkakan Keterampilan Literasi Matematika kelas IV. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1). 60-70.

Ramadhani, E.D. (2017). Pengembangan Komik Matematika Berbasis RME (Realistic mathematic Education) Untuk Meningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah Keliling dan Luas Segitiga Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). 22-30.

Reilly, Edel M. (2014). Superheroes in Math Class: Using Comics to Teach Diversity Awareness. International Journal Work and Days. 32(1&2). 61-74.

Susanti, S.E. Hamid, Y. Nurmala, R. (2019). Pengembangan KOSAMI (Komik Saku Matematika) Bagi Siswa Kelas VII SMP Negri Tarakan. Mathemathic Education and Aplication Journal. 1(1). 37-45.

Wahyuni, D., Masykur, R. dan Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 8(1). 32-40.

Witanta, V.A. Baiduri. Inganah, S. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Perbandingan Kelas VII SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1-12.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Terbitan

Bagian

Artikel