KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI SEGIEMPAT

Penulis

  • Nur'aini Mar'atush Sholihat Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Nia Sania Effendi

Abstrak

Artikel ini adalah hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal-soal yang terkait materi segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di salah satu Sekolah Menengah Pertama yang ada di Kabupaten Karawang. Sampel penelitian ini diambil secara langsung tanpa mengubah kelas yang sudah ada yaitu siswa kelas VIII E sebanyak 36 siswa. Materi segiempat merupakan salah satu materi pada pelajaran matematika semester 2 di kelas VII SMP. Instrumen yang digunakan berbentuk soal uraian sebanyak 2 soal, sebelum soal-soal tersebut diuji cobakan maka terlebih dahulu harus diuji validitasnnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil rekapitulasi jawaban keseluruhan siswa yang menjawab benar sebanyak 0%,  menjawab salah sebanyak 100%, dan tidak menjawab sebanyak 0%. Selain itu, dapat dilihat dari hasil konversi skor siswa bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa berada dalam kategori sangat rendah, yaitu siswa yang mendapat skor kurang dari 55 sebesar 78%.

Kata kunci:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Materi Segiempat, Siswa SMP.

  

Copyright © 2019 by the authors; licensee Department of Mathematics Education,  University of Singaperbangsa Karawang. All rights reserved.

This is an open access article distributed under the terms of the CC BY-SA license. (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0)

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, T. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Kelas XII MIPA di SMA NEGERI 1 BONE .

Ali, M. (1999). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru .

Depdiknas. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 58 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fatkhiyyah, I., Winarso, W., & Manfaat, B. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar Menurut David Kolb .

Hamidah, N., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Matriks .

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis dengan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Infinity Journal , 1 (1), 90-103.

Khairiah, Wati, M., & Hartini, S. (2015). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTSN Mulawarman Banjarmasin pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika , 3 (3), 200-210.

Mukaromah, S. (2019). Pola Komunikasi Internasional Guru Dalam Meningkatkan Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih di MTS AL-HUDA Bandung TulungAgung , 18-19.

Nurmastaka, D. N. (2014). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs Kelas VII dengan Menggunakan Alat Peraga Matematika Bangun Datar .

Pramesti, N. (2019). Mengekspresikan Ide-Ide Matematis Melalui Tulisan Pada Materi Bangun Ruang Siswa SMP .

Qohar, A. (2011). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis Untuk Siswa SMP. Lomba dan Seminar Matematika XIX .

Rahmayani, S. R., & Effendi, K. N. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan .

Rasyid, M. A. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika .

Rufaidah, N. D., Abidin, Z., & Fathani, A. H. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Lingkaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMPI Sedati Mojokerto .

Sriwahyuni, T., Amelia, R., & Maya, R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ssiswa SMP PAada Materi Segiempat dan Segitiga .

Sugiyono. (2002). Statistika Penelitian. Bandung: CV ALFABETA

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-09

Cara Mengutip

Sholihat, N. M., & Effendi, K. N. S. (2019). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI SEGIEMPAT. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2305

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>