Analisis Kesulitan Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segiempat

Penulis

  • Chaimona Rizki Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nita Hidayati Dosen Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMP dengan pembahasan materi segiempat. Kemampuan berpikir kreatif matematis adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang terdiri dari indikator keaslian, kelancaran, keluwesan, dan elaborasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini siswa kelas VIII SMPN di kota Karawang sebanyak 5 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis dengan jenis tes soal uraian. Dari hasil analisis penelitian yang telah dilaksanakan, menunjukkan bahwa pada indikator elaborasi siswa masih rendah. Sehingga kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMPN di salah satu kota Karawang masih rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang . E-DUMATH, 3(2), 155-163.

Hamidah, N., Sumarni, & Adiastuty, N. (2019, Maret). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Antara Siswa yang Mendapatkan Model Mind Mapping Berbasis Pengoptimalan Fungsi Otak Kanan dan Model Problem Based Learning. JES-MAT, 5(1), 30-42.

Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 8-13.

Rahmawati, N. T. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa pada Pembelajaran SSCS dengan Tinjauan Metakognisi. PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1, pp. 150-160. Semarang: Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Siswono, T. Y. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (1st SENATIK) (pp. 11-26). Semarang: FPMIPATI-UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zulkarnaen, R., Hamidah, & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Jurnal Pengajaran MIPA, 17-33.

Yugianti Astiti, Purwanto, S. E., & Ninawati, M. (2018, Juni). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 53-58.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-09

Cara Mengutip

Rizki, C., & Hidayati, N. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segiempat. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2315

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>