ANALISIS KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS IX PADA MATERI STATISTIKA

Penulis

  • Anis Sulistyowati Pendidikan Matematika FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adi Ihsan Imami Pendidikan matematika universitas singaperbangsa karawang

Abstrak

Komunikasi matematis merupakan suatu cara bagi siswa untuk mengkomunikasikan ide-ide, gagasan maupun solusi matematika baik secara lisan maupun tulisan, serta dalam menggunakan rumus, simbol/notasi dalam matematika, menyajikan gambar, grafik atau model matematika dan merefleksikan pemahaman tentang matematika sehingga siswa mampu menggunakan tata bahasa matematika. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas IX pada materi statistika. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini diambil 6 orang siswa yang telah dikategorikan pada kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Pengambilan data diperoleh dengan memberikan empat soal uraian kemampuan komunikasi matematis yang kemudian dianalisis sesuai dengan indikator yang digunakan. Hasil yang diperoleh dari penilitian ini yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas IX pada kategori sangat tidak baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

As’ari Rahman Abdur, dkk. (2016). Buku Matematika Siswa Kelas VIII Semester II. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers Mathematics, Inc, 60.

Permendikbud No.22. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Purwandari, Y. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berorientasi Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VII. Dalam Skripsi Tidak Diterbitkan. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta.

Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, F. (t.thn.). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Journal On Education, 1(2), 344-352.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-09

Cara Mengutip

Sulistyowati, A., & Imami, A. I. (2019). ANALISIS KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS IX PADA MATERI STATISTIKA. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2369

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>